HUT Ke-69 Jawa Tengah

Pesta Rakyat Jateng Inisiasi Gerakan Tanpa Sampah Plastik

Rapat Pesta Rakyat Jawa Tengah. (Foto: Dok. Akuratnews.com)

Semarang, Akuratnews.com - Dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke 69 Provinsi Jawa Tengah, Sekretaris Daerah (Sekda) Sri Puryono KS berharap agar Pesta Rakyat kali ini menjadikan catatan peristiwa monumental tanpa penggunaan plastik. Hal itu disampaikannya saat membuka Rapat Pest Rakyat di Gedung B Laintai V Kantor Gubernur, Senin (12/08/2019) kemarin.

Sri Puryono mengatakan bahwa menghindari penggunaan plastik merupakan salah satu program Pemprov Jateng. Saat ini Indonesia menempati ranking kedua sampah terbanyak di dunia. Untuk itu kita wajib untuk melakukan gerakan dan mengampanyekan pengurangan penggunaan sampah plastik.

“Saya berharap di Wonogiri nanti, ini satu hal yang monumental adalah gerakan tanpa sampah plastik, piye carane nggih,” pesannya.

Meniadakan plastik dalam even besar bukan hal yang mudah, namun Sri Puyono berpandangan bahwa gerakan tanpa plastik harus menjadi semangat bersama, salah satu tujuannya agar Jawa Tengah berkontribusi dalam pengurangan plastik yang selama ini mengakibatkan kerusakan lingkungan.

Ketua Korpri Jateng ini pun meminta agar panitia diberikan masukan kemasan pengganti plastik. Misalnya untuk kemasan makanan bisa menggunakan selain plastik contohnya Besek.*

Penulis: Yusfi WS
Editor: Hugeng Widodo

Baca Juga