Plt Gubernur Kepri Minta Pemerintah Pusat Perketat Pengawasan Perairan Natuna

Jakarta, Akuratnews.com - Pelaksana Gubernur Kepulauan Riau Isdianto meminta pemerintah pusat untuk memperketat pengawasan di perairan Natuna agar tidak ada kapal asing yang masuk tanpa izin.

Menurut Isdianto, seharusnya kapal asing ilegal tidak boleh masuk perairan Natuna, seperti masuknya kapal asal Cina yang terjadi baru-baru ini.

Pemprov Kepri, lanjut Isdianto, memiliki keterbatasan dalam menangani permasalahan tersebut karena menyangkut pertahanan keamanan.

“Permasalahan tersebut merupakan kewenangan pemerintah pusat, karena itu kami mandorong agar pengawasan di wilayah NKRI diperketat. Jangan ada lagi kapal asing ilegal masuk ke wilayah NKRI,” ujarnya.

Isdianto meyakini pemerintah pusat memperhatikan permasalahan pertahanan keamanan di kawasan perbatasan, seperti di Natuna. Aparat dari sejumlah institusi sudah memberi atensi terhadap permasalahan itu.

Negara tidak mungkin lepas tangan terhadap berbagai permasalahan yang mengganggu NKRI. Sebab, negara menyadari salah satu bagian terpenting dalam mengelola kawasan perbatasan adalah pertahanan keamanan.

“Bagian terpenting adalah mengawasi dan mengamankan wilayah NKRI, terutama di daerah perbatasan seperti Natuna,” katanya.

Isdianto berharap masyarakat Natuna tidak khawatir dengan kondisi itu. Pemerintah pusat dan aparat yang berwenang pasti akan melindungi wilayah NKRI.

“Pertahanan keamanan Kepri akan semakin kuat setelah gabungan TNI di wilayah barat dipusatkan di Tanjungpinang,” tandasnya.

Penulis: Redaksi

Baca Juga