Polandia Deteksi Ada Agen Spionase China “Gerilya” di Negaranya

Presiden Polandia, Andrzej Duda. (foto net)

Jakarta, Akuratnews.com - Agen intelijen China dikenal banyak menyelusup ke negara-negara barat sejak berakhirnya perang dunia kedua. China bahkan berhasil mencuri cetak biru teknologi nuklir Amerika Serikat hingga mampu menjadi negara yang cukup digjaya di dunia.

Otoritas keamanan negara-negara Eropa juga kerap menemukan agen spionase China melakukan kegiatan mata-mata. Salah satunya adalah kesiagaan pihak keamanan Polandia yang berhasil menditeksi kegiatan apionase China di negaranya.

Mengutip Al Arabiya pada Selasa (3/9/2019) Presiden Polandia, Andrzej Duda mengatakan, layanan kontra-intelijen mereka berhasil mendeteksi apa yang dia sebut kegiatan spionase China di negaranya.

Namun, dia tidak memberikan penjelasan jenis kegiatan spionase yang dimaksud. Tidak ada pengungkapan lebih lanjut gerilya apa yang dilakukan agen spionase tersebut.

Tetapi saat berbicara seusai melakukan pertemuan dengan Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Mike Pence, Duda mengatakan layanan keamanan Polandia mendeteksi sejumlah kegiatan dan tindakan, yang bisa masuk dalam kategori spionase, yang dilakukan oleh Agen Spionase China.

Menurut dia, layanan keamanan Polandia telah mendeteksi tindakan yang mungkin memenuhi syarat sebagai tindakan karakter spionase. Dalam.kacamata hukum di Polandia, kegiatan mata-mata negara asing tengah diteliti untuk dilakukan penuntutan hukum.

"Jaksa sedang menganalisis informasi yang mereka terima dan jika mereka memutuskan untuk melanjutkan penuntutan, maka pengadilan akan memutuskan masalah tersebut," ujar Duda.*

Penulis: Hugeng Widodo
Editor: Redaksi

Baca Juga