Pria Keturunan Jerman-Iran Dicurigai Ekspor Peralatan Program Nuklir

Iran siap memulai program pengembangan nuklir kembali, ungkap Kepala Pengembangan Program Nuklir Iran pada Minggu (12/01) di Teheran. (MW)

AKURATNEWS – Polisi Jerman menangkap seorang pria keturunan Jerman-Iran yang dicurigai mengekspor peralatan untuk program nuklir Iran dan rudal Iran.

Jaksa mengatakan polisi menggeledah 11 lokasi termasuk apartemen dan kantor di negara bagian Hamburg, Schleswig Holstein dan North Rhine-Westphalia yang terkait dengan tersangka.

Tersangka hanya diidentifikasi sebagai Alexander J. Pihak berweang menyamarkan identitas tersangka di bawah aturan privasi.

Pelaku telah mengirimkan peralatan senilai 1,3 juta dolar AS ke perusahaan di Iran yang masuk daftar hitam oleh Uni Eropa. Pengiriman tersebut sebagai kedok untuk pengadaan peralatan program nuklir dan roket.

Kejaksaan Agung GBA mengatakan, tersangka melakukan pendekatan pada 2018 dan 2019 untuk pengadaan peralatan laboratorium.

Dia mengirimkan dua spektrometer yang dibeli seharga 196.250 dolar AS ke Iran pada Januari 2020.

Enam bulan kemudian, tersangka mengirimkan dua spektrometer lainnya yang dibeli seharga 458.705 dolar AS.

Tersangka tidak mengajukan izin ekspor khusus, yang diperlukan untuk mengirimkan peralatan tersebut ke penerima di daftar hitam UE.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Redaksi
Editor: Zulfahmi Siregar
Photographer: Istimewa

Baca Juga