Bazar Mandiri UMKM Pademangan Barat

Rayakan HUT DKI Jakarta, UMKM Pademangan Barat Pada Patungan

Kesenian Betawi turut memeriahkan Perayaan HUT DKI Jakarta ke-492 yang digagas Usman bersama Para Pedagang atau UMKM Pademangan Barat. (Foto Dok. Akuratnews.com).

Jakarta, Akuratnews.com - HUT DKI Jakarta kerap dimeriahkan pasar malam dan bazar murah aneka produk dan kuliner, juga panggung terbuka Kesenian khas Betawi dan beberapa edukasi Ramah Anak. Hal ini juga yang dilakukan salah satu Tokoh Pemuda bersama para pedagang atau UKM di Kecamatan Pademangan Barat, menggagas perayaan HUT DKI Jakarta ke-492.

Usman, Tokoh Pemuda dan Para Pedagang Pademangan Barat, dengan dukungan penuh dari Camat dan Kepala Satuan Pelaksana Tugas (Kasatpel) UKM Pademangan Barat, menggelar Perayaan HUT DKI Jakarta di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak atau RPTRA Pademangan Barat.

Acara ini sekaligus sebagai bagian dari sosialisasi Pembinaan Kewirausahaan Terpadu (PKT) di Pademangan Barat. Hebatnya acara ini digelar atas biaya swadaya (Patungan) dari anggota UMKM atau Para Pedagang setempat.

"Perwakilan (UMKM) Pademangan Barat turut serta merayakan hari ulang tahun DKI,  Kita mandiri. Patungan para anggota dan peserta bazar." Terang Usman kepada wartawan disela-sela acara perayaan HUT DKI Jakarta ke-492 di Pademangan Barat, Sabtu (29/6/2019).

Usman menjelaskan, acara ini terselenggara atas dukungan penuh Kecamatan, khususnya Camat dan Kepala Satuan pelaksana Tugas yang menangani UMKM di kecamatan Pademangan Barat.

Sementara itu, Kepala Satuan Pelaksana Tugas (Kasatpel) Djajat di lokasi acara mengatakan dukungan Camat dalam acara ini sekaligus sosialisasi Pembinaan Kewirausahaan Terpadu (PKT) bagi para pedagang atau UMKM setempat yang belum menjadi anggota PKT sesuai Pergub DKI Jakarta nomor 102.

"Acara ini dalam rangka memperingati HUT DKI Jakarta. Dan kami dari (Satpel) UKM, menghimbau dengan adanya pergub 102, kami menghimbau para pedagang ini untuk menjadi anggota PKT." Kata Djajat.

Menurut dia, ada 7 langkah yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta untuk para UMKM dalam program PKT.

"Ada 7 langkah dari pak Gubernur, 7 langkah itu, (diantaranya) ada pendaftaran, pelatihan, pendampingan. Nah Pemasaran dari program gubernur (Anies Baswedan) juga ada dari bazar. Itu semuanya difasilitasi (PKT) dari Pemda (Pemprov DKI Jakarta), tendanya, semuanya," Terang Djajat.

Dukungan Camat dalam bazar ini adalah selain mensuport pelaksanaan HUT DKI, juga sebagai bagian sosialisasi PKT untuk para pedagang. "Jadi kepada UKM, kita menginformasikan, mengajak para pedagang, untuk ikut (masuk) ke dalam program PKT.." tandas Djajat.

Kemeriahan acara HUT DKI Jakarta Pademangan Barat selain dipenuhi dengan bazar pasar malam, juga dimeriahkan dengan kesenian Betawi dan program edukasi kepada anak-anak sebagai bagian DKI jakarta kora ramah anak. Demikian perayaan HUT DKI Jakarta ke-492 yang digagas tokoh setempat dan para pedagang atau UMKM Kecamatan Pademangan Barat. (*).

Penulis:

Baca Juga