Gugatan Hak Cipta Tasaku

Saksi Ahli OJK Akan Buktikan Tasaku Bagian Produk Laku Pandai

Jakarta, Akuratnews.com - Sidang gugatan hak cipta terhadap Tabungan Sampoerna Alfaku (Tasaku) yang diajukan pencipta buku Tabungan Anak Pintar Indonesia (TAPI) Bambang Widodo dan Endang Trido yang sedianya mendengar saksi ahli dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bakal kembali digelar Senin (5/8) di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat.

Sebenarnya, agenda mendengarkan keterangan saksi ahli dan bukti tambahan ini sedianya digelar Rabu (31/7) lalu. Namun sidang ini ditunda oleh majelis hakim.

"Saksi ahli dari OJK ini akan menjelaskan esensi dari produk Tasaku yang merupakan produk Laku Pandai yang diregulasi oleh OJK," ujar kuasa hukum Bank Sampoerna, Tubagus Dally di Jakarta, baru-baru ini.

Pihaknya sebenarnya berharap saat sidang Rabu (31/7) keterangan saksi ahli dari OJK dapat didengarkan. Pasalnya, saksi ahli dari OJK punya keterbatasan waktu.

"Tapi jika dalam sidang Senin besok yang bersangkutan tidak bisa hadir, maka keterangan saksi ahli bisa diajukan lewat keterangan tertulis," imbuh Dally.

Untuk diketahui, Bank Sahabat Sampoerna (BSS) dan Alfamart digugat terkait hak cipta atas program Tasaku. Perkara ini sedang berlangsung di PN Jakarta Pusat.

Tasaku merupakan tabungan berbentuk basic saving account yang merupakan hasil kerja sama antara Bank Sampoerna dan Alfamart serta Alfamidi. Pilot Project Tasaku dimulai pada April 2015 dan diluncurkan pada Oktober 2016 di Surabaya.

Saat ini Tasaku telah beroperasi di Malang, Gresik, Surabaya dan Sidoarjo. Melalui Tasaku, masyarakat dapat menabung dan mengambil tabungannya di gerai Alfamart dan Alfamidi tertentu.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga