Satu Unit Traktor TMMD Nunukan Bikin Petani Binusan Dalam Semangat

AKURATNEWS - Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) wilayah perbatasan ke 111 oleh Kodim 0911/Nunukan di Desa Persiapan Binusan Dalam RT 11, Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara) membuat petani di desa tersebut bersemangat.

Pasalnya, kedatangan Komandan Korem (Danrem) 092/Maharajalila, Brigjen TNI Suratno yang meninjau sejumlah pembangunan dari kegiatan TMMD ke 111 oleh Kodim 0911/Nunukan, sekaligus memberikan satu unit traktor.

"Traktor tersebut diberikan agar para kelompok tani warga Desa Binusan Dalam bisa semakin bersemangat dalam menggarap sawahnya dan harus bisa menjadi salah satu sentra penghasil padi di wilayah Pulau Nunukan," kata Brigjen Suratno di sela-sela kunjungannya meninjau TMMD, Rabu (7/8).

Brigjen Suratno berharap, dengan pemberian traktor ini bisa memberikan motivasi kepada para petani di desa tersebut, untuk meningkatkan hasil panennya.

"Dijaga, digunakan dan dirawat alat ini untuk keperluan bapak dalam meningkatkan produktifitas pertanian. Jalan sudah dibuka, petani sudah memiliki alat yang bisa membantu dalam olah lahan sawah saya harapkan bisa lebih semangat dan lebih meningkatkan produktifitas hasilnya nanti," ungkapnya.

Sementara Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) RT 11 Desa Binusan Dalam, Benjamin Sampe mengucapkan terimakasih dengan pemberian 1 uni traktor ini.

"Terimakasih banyak Pak Danrem, sudah sangat perhatian kepada kami di sini. Kami akan merawatnya dan menggunakannya dengan segala upaya kami. Sehingga kami bisa menjalankan amanah yang bapak berikan ke kami," ucap Benjamin Sampe.

Dalam Program TMMD ini, Kodim 0911/Nunukan membangun sejumlah sasaran fisik yaitu, Pembukaan Badan Jalan 1.850 x 6 meter, pembangunan empat buah plat duiker dengan ukuran 1,5 x 6 meter serta sasaran tambahan seperti pembuatan MCK 1 unit, penampungan air bersih dan rehab RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) sebanyak lima unit.

Untuk sasaran nonfisik meliputi Penyuluhan Wawasan Nusantara, Penyuluhan Bela Negara, Pelayanan Kesehatan (Bahaya Narkoba & HIV/AIDS), Penyuluhan Hukum dan Kamtibmas, Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Peternakan, Sosialisasi Covid-19, Penyuluhan perekrutan menjadi anggota TNI, Sosialisasi Stunting, Kegiatan Posyandu dan Posbindu.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga