Sholawat Busyro: Pengertian, Bacaan Arab, dan Keutamaannya

Makin Rajin

sholawat busyro

Membaca sholawat merupakan salah satu bentuk rasa cinta umat Muslim seperti Anda kepada Rasulullah SAW. Ada banyak jenis sholawat yang bisa Anda amalkan, salah satunya adalah sholawat busyro. 

Tentu saja bacaan sholawat ini tidak hanya sekedar rangkaian kata-kata indah, melainkan juga mengandung makna mendalam dan spiritualitas yang dapat memperdalam hubungan antara manusia dengan Sang Pencipta. Untuk mengetahui bacaannya, keutamaan, dan waktu terbaik membacanya, simak artikel di bawah ini.

Pengertian Sholawat Busyro

Sholawat busyro merupakan sholawat sanjungan kepada Rasulullah SAW sebagai pembawa kabar gembira untuk seluruh umat manusia. Sholawat ini diambil dari kitab “Al-Busyro” yang penuh dengan keindahan dan kecintaan Imam Al-Busyro kepada Rasulullah.

Hingga sekarang, sholawat busyro masih sering didengarkan khususnya oleh banyak pengguna media sosial. Tidak hanya itu, sholawat ini juga sering menjadi pengiring musik religi, qasidah, hingga hadroh.

Bacaan Sholawat Busyro

Berikut ini bacaan sholawat busyro lengkap dengan bahasa Latin dan artinya:

اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ صَاحِبِ الْبُشْرى صَلَاةً تُبَشِّرُنَابِهَا وَاَهْلَنَا وَاَوْلَادَنَا وجَمِيْعَ مَشَايِخِنَا وَمُعَلِّمِنَا وَطَلَبَتَنَا وَطَالِبَاتِنَامِنْ يَوْمِنَاهذَااِلى يَوْمِ الْأَخِرَةِ

ِAllahumma Sholli wa sallim ala sayyidina muhammadin sohibil busyro sholatan tubassiruna bihaa wa ahlana wa awlaadanaa wa jamii’a masya’khinaa wa muallimiinaa wa tholabatanaa wa tholibatinaa min yaumina hadza ilaa yaumil akhiroh

Artinya: “Ya Allah berikanlah sholawat dan salam kepada Nabi Kita Muhammad sosok Pembawa Kabar gembira. Dengan sholawat yang memberikan kami kabar gembira untuk kami keluarga kami, anak-anak kami, dan seluruh masyayikh kami, guru-guru kami, murid-murid kami, santriwati kami, dari hari ini hingga hari akhir”

Baca Juga:  Doa Dimudahkan Semua Urusan, Lengkap dengan Artinya

Keutamaan Sholawat Busyro

Di balik kata-kata indah dan irama yang memikat, terdapat keutamaan-keutamaan yang menjanjikan manfaat spiritual bagi mereka yang rajin mengamalkannya. Berikut ini beberapa keutamaannya:

1. Termasuk Sholawat yang Memiliki Kedudukan Tinggi

Sholawat busyro merupakan sholawat yang Rasulullah SAW ijazahkan langsung sebelum wafat kepada putranya yang bernama Habib Hasan Baharun. Untuk itu, shalawat ini memiliki kedudukan yang istimewa dan tinggi di sisi Allah SWT dan Rasulullah SAW sehingga penting untuk Anda amalkan. 

Hal ini juga berarti bahwa jika Anda mengamalkannya, maka Anda dapat semakin dekat dengan Rasulullah SAW. Apalagi jika Anda memiliki mimpi untuk bertemu dengan Rasulullah SAW di alam mimpi, maka Anda bisa mengamalkannya setiap harinya. 

2. Wujud Rasa Cinta Kepada Rasulullah SAW

Dengan Anda mengamalkan shalawat ini, itu artinya Anda sudah menunjukkan rasa cinta dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW. Sebab, setiap syair yang ada dalam sholawat ini memiliki arti yang baik untuk memuliakan Rasulullah SAW. 

Apalagi jika Anda ikuti dengan mengamalkan sunnah-sunnah Rasulullah SAW, maka kemungkinan besar Anda akan semakin dekat dengan beliau dan bisa bertemu di hari akhir nanti. Dalam hal ini, Anda bisa mengamalkannya sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki.

3. Menghapus Dosa dan Kesalahan

Keutamaan lain dari mengamalkan sholawat busyro yaitu Anda bisa menghapus dosa dan kesalahan yang pernah Anda perbuat. Manfaat ini sesuai dengan salah satu hadis riwayat An-Nasai yang berbunyi:

“Barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat kepadanya sepuluh kali, dan dihapuskan darinya sepuluh kesalahan (dosa), serta ditinggikan baginya sepuluh derajat/tingkatan.” (HR. An-Nasai).

4. Mendapatkan Syafaat Rasulullah SAW di Hari Kiamat

Keutamaan paling penting dan utama jika Anda mengamalkan sholawat ini adalah bisa mendatangkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW di hari kiamat nanti. Dalam sebuah hadis riwayat Tirmidzi, Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa: 

Baca Juga:  Doa Penutup Majelis dan Hikmahnya bagi Seorang Muslim

“Orang-orang yang paling berhak mendapatkan syafaatku pada hari kiamat adalah orang-orang yang paling banyak bershalawat kepadaku.” (HR. Tirmidzi).

Maka dari itu, Anda sangat dianjurkan untuk mengamalkan shalawat ini jika ingin mendapatkan syafaat Rasulullah SAW. Namun alangkah lebih baik lagi jika Anda mengamalkannya dengan niat tulus untuk Rasulullah SAW tanpa ada harapan mendapatkan balasan, sehingga shalawat tersebut lebih barakah. 

5. Mendatangkan Rezeki dan Memudahkan Urusan

Mengamalkan sholawat busyro juga bisa membantu Anda yang saat ini sedang kesusahan atau terlilit hutang. Pasalnya, amalan ini dipercaya bisa mendatangkan rezeki dan kemudahan dalam urusan dunia dan akhirat. 

Anda bisa mengamalkan sholawat ini kapan pun dengan jumlah bacaan sesuai dengan kemampuan. Akan tetapi, semakin banyak dan semakin sering Anda membacanya, tentunya akan semakin baik.

6. Menenangkan Hati

Keutamaan berikutnya yang bisa Anda rasakan jika membaca sholawat busyro yaitu bisa menenangkan hati. Bacaan ini tentunya sangat cocok untuk Anda yang sering galau atau saat ini sedang patah hati. 

Hal ini lantaran setiap syair dalam sholawat penuh dengan pujian untuk Nabi Muhammad SAW. Sehingga, harapannya sholawat ini bisa mendatangkan ketenangan hati untuk siapa pun yang mengamalkannya. 

Tidak hanya itu, dengan syair yang bisa mengingatkan kita kepada kemuliaan Rasulullah SAW juga bisa membantu mengalihkan perhatian dari berbagai masalah dan kegelisahan. Untuk itulah, membaca shalawat secara rutin bisa membuat hati Anda lebih tentram.

7. Menyembuhkan Penyakit

Jika saat ini Anda sedang sakit, maka Anda bisa coba mengamalkan sholawat ini. Dengan mengamalkan sholawat busyro, Anda bisa mempercepat penyembuhan diri dari sakit akibat dari kekuatan spiritual yang ada di dalamnya.

Kekuatan spiritual tersebut bisa memberikan ketenangan dan kesembuhan bagi jiwa dan tubuh Anda. Walau begitu, Anda tentunya juga harus yakin bahwa membaca sholawat ini bisa menenangkan Anda. 

Baca Juga:  Doa Sujud Tilawah beserta Tata Cara dan Keutamaannya

Tanpa keyakinan tersebut, tentu saja kemungkinan besar Anda tidak akan mendapatkan apa yang Anda inginkan. Sebaliknya, membaca shalawat dengan penuh keyakinan dan harapan bisa menjadi sarana terbaik untuk mempercepat kesembuhan Anda. 

8. Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Terakhir, membaca sholawat busyro tidak hanya mendekatkan Anda dengan Nabi Muhammad SAW, tetapi juga kepada Allah SWT. Sebab, pada dasarnya Nabi Muhammad SAW merupakan utusan Allah SWT yang sangat dicintai-Nya.

Jadi, jika Anda membaca shalawat ini, maka secara tidak langsung Anda sudah membukakan jalan Anda sendiri untuk lebih dekat dengan Allah SWT. Selain itu, membaca sholawat juga bisa mengingatkan tanggung jawab Anda sebagai umat muslim untuk menjauhi larangan Allah SWT. 

Waktu Terbaik untuk Membaca Sholawat Busyro

Anda memang bisa mengamalkan sholawat ini kapan pun Anda mau. Namun, alangkah lebih baik jika Anda mengamalkannya setelah selesai sholat subuh sebanyak 41 kali. Karena menurut Habib Segaf Baharun, membaca sholawat busyro  sebanyak 41 kali setelah subuh sama dengan membaca yasin sebanyak 41 kali. 

Jika Anda melewatkannya pada subuh sebelumnya, maka Anda bisa mengamalkannya setelah subuh hingga sebelum subuh berikutnya. Selain itu, sebaiknya Anda mengamalkannya secara rutin agar nantinya bisa menjadi suatu kebiasaan yang istiqomah. 

Sudah Siap Mengamalkan Sholawat Busyro?

Kesimpulannya, sholawat busyro bukanlah sekedar doa atau pujian biasa, melainkan jembatan yang menghubungkan hati manusia dengan keagungan Nabi Muhammad SAW. Dalam setiap kata-kata dan nada yang Anda nyanyikan, terdapat suatu kedekatan dengan Sang Khalilullah yang penuh cinta dan kebijaksanaan. 

Praktik mengirimkan sholawat ini mengajarkan umat Muslim tentang kebersamaan, rasa cinta yang mendalam, dan pencarian ketenangan dalam kesibukan hidup. Sholawat busyro adalah ungkapan indah yang memancarkan cahaya keimanan dan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Artikel Terkait