Sukses Gelar Bimtek Penerapan Program Smart Kampung, PP-KAPI Apresiasi Bupati Sinjai

Direktur Eksekutif Pusat Pengembangan Kapasitas Aparatur dan Parlemen Indonesia (PP-KAPI) Sulawesi Selatan, Ridwan Daali, SE. /Ashari/AKURATNEWS.

AKURATNEWS - Pusat Pengembangan Kapasitas Aparatur dan Parlemen Indonesia (PP-KAPI) Sulawesi Selatan sukses menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Konsultasi Mekanisme Pengelolaan Website Desa di Hotel Teras Kita Makassar, Minggu (17/10/2021).

Bimtek sekaligus sosialisasi penerapan program Aplikasi Smart Kampung Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi ini, berlangsung sejak 14 hingga 17 Oktober 2021, yang dibuka langsung Bupati Sinjai melalui Asisten I Setdakab Sinjai, A. Zainal Arifin.

Turut hadir sebagai narasumber Kepala Kejari Sinjai Ajie Prasetya dan Kasi Intel Kejari Helmy Hidayat, Kasat Reskrim Polres Sinjai Iptu Abustam, Kadis Kominfo dan Persandian Sinjai Tamzil Binawan, Kadis PMD Sinjai Hj Andi Hariyani Rasyid, Auditor Inspektorat Sinjai Arham, Perwakilan Bidang Pemerintahan Desa Dinas PMD Sinjai, dan Bidang Aplikasi Informatika (Aptika) Dinas Kominfo dan Persandian Sinjai.

Dihadapan peserta dari sejumlah Pjs kepala desa dan perangkat desa se-Kabupaten Sinjai, A. Zainal Arifin mengatakan bahwa sebuah pemerintah desa bisa dikatakan cerdas apabila desa tersebut secara inovatif menggunakan teknologi informasi untuk mencapai peningkatan kualitas hidup, efesiensi dan daya saing dalam aspek ekonomi, sosial dan lingkungan.

Salah satunya adalah Smart Village atau lazimnya disebut Smart Kampung, yang merupakan program pengembangan desa di Sinjai untuk mendekatkan pelayanan publik hingga tingkat desa.

“Setiap desa didesain untuk memiliki program terintegrasi yang memadukan antara TIK berbasis internet, ekonomi kreatif, termasuk bidang pendidikan dan bahkan upaya pengentasan kemiskinan,” ungkapnya.

Menurut Zainal, hal itu bertujuan untuk mengintegrasikan sebuah sistem tekhnologi informasi yang mudah di akses oleh masyarakat, khususnya dalam penyediaan layanan publik yang transparan, efisien dan adil bagi semua lapisan masyarakat khususnya di desa.

Ia berharap, kegiatan sangat penting tersebut dapat diikuti dengan serius dan diaplikasikan oleh peserta sebagai langkah untuk mendukung program Pemerintah Kabupaten Sinjai dalam rangka tata kelola pemerintahan di desa sehingga tercipta kondisi daerah yang mandiri, berkeadilan, religius melalui peningkatan SDM yang unggul dan berdaya saing.

Sementara Direktur Eksekutif PP-KAPI, Ridwan Daali menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Bupati Sinjai Andi Seto Asapa, para jajarannya, dan seluruh peserta dari Pemdes se-Kabupaten Sinjai yang telah memberi kepercayaan pihaknya sebagai penyelenggara dan memfasilitasi kegiatan program unggulan Pemkab Sinjai.

Dalam kesempatan itu, Ridwan yang juga merupakan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Lembaga Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Seluruh Indonesia (DPP- ALPEKSI) menyampaikan bahwa lembaga yang dipimpinnya adalah lembaga profesional yang berbadan hukum, terdaftar di Asosiasi ALPEKSI dan mendapatkan surat rekomendasi dari Ditjen PMD Kemendagri, yang selama ini fokus membantu pemerintah propinsi/kabupaten/kota seluruh Indonesia dalam hal peningkatan kapasitas SDM.

"Semoga dengan selesainya pelaksanaan Bimtek ini membawa manfaat bagi para peserta, begitupun dengan materi yang diberikan dapat diserap dan diaplikasikan guna mewujudkan pembangunan di desa, khususnya untuk pembangunan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Sinjai secara keseluruhan," harapnya.

“Tak lupa pula saya ucapkan terima kasih kepada seluruh anggota PP-KAPI, teman-teman media, dan pihak lainnya yang telah turut mendukung hingga terlaksana dan berakhirnya penyelenggaraan Bimtek ini,” tambah Ridwan.

Diketahui ALPEKSI adalah salah satu asosiasi yang mengakomodir sejumlah lembaga penyelenggara untuk melakukan kegiatan pelatihan peningkatan SDM seperti (Bimtek, Workshop, Seminar dan lainnya) melalui Permendagri No 52 Tahun 2015, dan lembaga PP-KAPI adalah salah satu lembaga yang berhimpun dan mendapatkan pembinaan dari ALPEKSI. ***

Penulis: Ashari

Baca Juga