Teknologi

Tak Kuat Bersaing, BBM Resmi Berhenti Beroperasi 31 Mei 2019

Jakarta, Akuratnews.com - Sempat berjaya di era 2010-an, layanan pesan BlackBerry Messenger (BBM) mengumumkan akan berhenti beroperasi pada 31 Mei 2019 mendatang. Hal ini disampaikan oleh BBM melalui keterangan resmi di blognya, Kamis (18/04/2019).

Industri teknologi yang terus bergerak dinamis hingga perusahaan sulit memperoleh pengguna baru disebut sebagai salah satu alasan tutupnya aplikasi tersebut.

"Kami telah mengerahkan berbagai upaya, banyak pengguna memilih beranjak ke platform lain, sementara pengguna baru sulit untuk didapat," tulis pengumuman tersebut.

Aplikasi BBM semakin meredup seiring munculnya aplikasi chatting sejenis dengan aneka fitur yang ditawarkan seperti WhatsApp, Messenger, Line serta WeChat.

Padahal, seiring berkembangnya teknologi serta maraknya aplikasi tersebut, BBM sempat melakukan pembaharuan. Layanan chatting ini semula hanya tersedia pada ponsel Blackberry dengan sistem operasi (OS) BlackBerry.

Namun, pada 2013 aplikasi ini melakukan perubahan hingga akhinya bisa digunakan lintas platform untuk ponsel berbasis Android, iOS serta Windows Phone.

Layanan yang sempat populer beberapa tahun tersebut tak hanya untuk berkirim pesan, tetapi juga menikmati berbagai konten, hingga membayar aneka tagihan.

Namun, dengan kompetisi industri yang semakin sengit, BBM pun akhirnya mengundurkan diri.

“Kami mengucapkan terima kasih pada para pengguna, mitra, dan karyawan kami yang telah menjadi bagian dari BBM selama ini. Dukungan Anda sangat berarti bagi kami,” tulis pengumuman BBM.

Penulis: Redaksi
Editor: Redaksi

Baca Juga