Terkait Putusan PK, Korban Ijazah Palsu Datangi Kejari Jaktim

Jakarta, akuratnews - Perwakilan korban ijazah palsu Sekolah Tinggi Teologi Injili Arastamar atau STT Setia kembali datangi Kejaksaan Negeri Jakarta Timur (Kejari Jaktim), Senin (16/3/20).

Dari pantauan dilokasi, puluhan perwakilan korban ijazah palsu yang dipimpin oleh Yusuf Abraham Selly tersebut berupaya menemui Kepala Kejari Jaktim untuk mempertanyakan putusan Peninjauan Kembali (PK) di Mahkamah Agung (MA) yang mengabulkan permohonan terpidana ijazah palsu yakni Direktur STT Setia Ernawati Simbolon dan Rektor STT Setia, Matheus Mangentang.

"Kami mendorong Kejari untuk melakukan kontra PK," ujar Yusuf saat diterima oleh Kasi Tindak Pidana Umum (Kasipidum), Kejari Jaktim Ahmad Fuady.

"Kami menginginkan adanya PK dari JPU untuk dinaikkan ke Mahkamah Agung," tambahnya.

Menanggapi hal tersebut, Kasipidum, Ahmad Fuady menjelaskan bahwa pengajuan PK harus didasari dengan pasal 263 ayat 1 huruf a.

"Didasari dengan novum baru," jelasnya. Lanjutnya untuk putusan, pihaknya akan memperlajari terlebih dahulu. "Kemudian kita akan mencari bukti baru, baru nanti kita akan pertimbangkan (untuk PK)," papar Ahmad.

Untuk bukti baru tersebut, Yusuf berjanji akan membantu menyiapkan banyak bukti yang dapat memberatkan terpidana.

"Kalau saat PK dia (terpidana) menyiapkan tiga, kami bisa siapkan ratusan," tegas Yusuf.

Penulis: Redaksi
Editor:Redaksi

Baca Juga