Tiga Pilar Kemandirian Industri Pertahanan Menurut Menhan

Jakarta, Akuratnews.com - Memiliki pertahanan yang tangguh adalah sebuah kebutuhan mendasar bagi setiap bangsa. Kemampuan pertahanan juga membutuhkan alutsista yang modern.

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menilai untuk mewujudkan alutsista yang modern dan berteknologi tinggi karya anak bangsa, harus membutuhkan penelitian dan pengembangan yang serius, akurat serta tepat sasaran.

Pesan Menhan itu disampaikan oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertahanan (Kabalitbang Kemhan) Anne Kusmayati dalam pameran hasil penelitian dan pengembangan pertahanan di Balitbang Kemhan, Pondok Labu, Jakarta Selatan, Selasa (28/08/2018).
Menhan yang sedianya akan membuka langsung acara tersebut berhalangan hadir karena ada kegiatan penting.

Menhan Ryamizard menuturkan kemandirian industri pertahanan nasional dibangun di atas tiga pilar. Pertama, interkonektivitas industri pertahanan dengan badan-badan penelitian dan pengembangan.

Kedua, pelibatan swasta dalam rantai produksi dan atau distribusi produksi industri pertahanan. Ketiga, koordinasi antar institusi terkait dalam rangka memproduksi produk-produk guna keperluan pertahanan negara yang inovatif.

"Maka interkonektivitas antara industri pertahanan nasional dengan badan-badan Litbang mutlak diperlukan," ujar Ryamizard.

Pertahanan negara menurutnya bukan hanya tanggung jawab Kementerian Pertahanan saja, tetapi juga tanggung jawab semua anak bangsa termasuk pihak swasta dan seluruh komponen bangsa. Peran industri pertahanan juga dinilai sangat penting di dalam penyelenggaraan pertahanan negara.

"Peran itu telah ditunjukkan dengan baik oleh industri pertahanan baik BUMN maupun BUMS melalui karya nyata dalam produk produk inovasi alutsista yang dihasilkannya," jelas Ryamizard.

"Mari kita mencintai dan menghargai hasil anak bangsa dengan rasa memiliki bersama," pungkasnya.

Dalam pameran tersebut, Balitbang Kemhan melakukan penyerahan Mobile Hyperbaric Chamber dan Kapal Selam Tanpa Awak kepada TNI AL. (Ysf)

Penulis:

Baca Juga