Tim SDN 9 Katobu Muna Sapu Bersih Rangking Program Kemendikbudristek RI

AKURATNEWS - Perengkingan program Kemendikbudristek RI yakin program Kita Harus Belajar (KIHAJAR) Sciences, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) di tahun 2021 ini habis disapuh bersih oleh tiga Tim siswa siswi asal Sekolah Dasar Negeri (SDN) 9 Katobu Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara (Sultra), yang di Kepala Sekolai oleh Karmin S.Pd, M.Si itu.

Baik ditahapan Basic, Tahapan intermediate maupun persentase yang sudah dirancang oleh Kemendikbudristek RI itu tak ada yang disisakan untuk siswa sekolah lainnya secara Nasional, untuk mendapatkan Perengkingan. Begitu pun pada tahapan finalisasi Perengkingan, tetap disapu bersih oleh ketiga tim siswa siswi SDN dari Bumi Sowite itu (Kabupaten Muna).

Salahsatu Guru pendamping yang ditemu oleh Akuratnews.com disekolahnya usai mengikuti finalisasi program KIHAJA STEM, Harmina S.Pd menjelaskan jika siswa siswinya itu berhasil mewakili Sultra di ajang KIHAJAR STEM tingkat Nasional yang diadakan oleh Kemendikbudristek RI hari ini (13/9/2021).

"Mulai dari Tahap Besic , tahap Intermediate dan tahap Persentase, siswa siswi kami tetap unggul. Peringkat ke 1, 2 maupun 3 itu dari tiga tahap itu siswa SDN 9 Katobu terus memimpin, hingga pada tahap finalisasi hari ini," Ungkapnya dengan rasa bangga atas keberhasilan siswa siswinya yang didampingnya selama ini.

Harmina menjelaskan jika tiga timnya itu semuanya membuat produk perangkat sederhana dari semua jenis yang dilombakan pada program KIHAJR STEM itu, hingga berhasil menyabet rengking satu secara Nasional.

"Ketiga Timnya yang berhasil membuat produk perangkat sederhana. Baik Pembuatan alat tetasan telur, pembuatan pakan ternak, pembuatan pembangkit listrik, dan pembuatan kompor semuanya dari bahan bahan sederhana," terangnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SDN 9 Katobu, Karmin S.Pd,M.Si, yang menjabat sejak Januari 2021 itu, sangat terharu dengan keberhasilan siswa siswinya. Dia menjelaskan jika keberhasilan itu adalah keberhasilan dari semua pihak Guru didiknya terutama para Guru pendamping kegiatan KIHAJAR STEM.

" Ini semua berkat kerja sama dan kerja keras guru guru didik disekolah kami, terutama para guru pendamping yang mendampingi siswa siswi yang mengikuti lomba disaat penggemblengan ilmu hingga mencapai keberhasilan mereka. Alhasil semuanya terjawab dengan baik. Di program Kemendikbudristek RI ini dari tahap ketahap siswa siswi kami terus unggul, " tuturnya seraya mengucapkan terimakasih kepada siswa siswinya yang berhasil itu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh Akuratnews.com, pada program KIHAJAR STEM itu ditahapan Basic SDN 9 Katobu gulung tiga peringkat, pada intermediate meraih peringkat 1 sampai 5 , pada persentase ketiga timmnya masing masing berhasil meraih peringkat satu hingga masuk pada tahan finalis.

Penulis: Zainal Arifin
Editor: Ahyar

Baca Juga