Versus Qatar Lagi, Timnas U-19 Gagal Ulangi Jilid Pertama

Zagreb, Akuratnews.com - Laga uji coba sekaligus persahabatan jilid kedua antara Timnas U-19 Indonesia vs Qatar harus berakhir dengan skor imbang 1-1.

Digelar di Stadion Velika Gorica, Zagreb, Minggu (20/9) malam WIB, Timnas U-19 Indonesia gagal mengulangi kesuksesan di laga jilid pertama yang mampu unggul 2-1.

Skuad Shin Tae-yong sejatinya memimpin keunggulan terlebih dahulu pada menit ke-62 lewat sundulan Saddam Gaffar yang memanfaatkan lemparan ke dalam dari Pratama Arhan di kotak penalti lawan.

Sayangnya, keunggulan skuad Garuda Muda bisa disamakan Qatar pada menit ke-90 melalui tendangan penalti Osamah Abdulkarim Altairi.

Di laga ini, jual beli serangan kerap terjadi pada awal-awal laga. Timnas U-19 Indonesia lebih banyak mengandalkan serangan balik.

Pada menit ke-13, Qatar memiliki kesempatan emas dari Lotfi Madjer. Untungnya, sepakan penyerang Qatar tersebut masih membentuk tiang gawang Indonesia dan gagal berbuah gol.

Indonesia yang tampil dengan pressing ketat, menyulitkan pertahanan lawan. Witan Sulaeman cs menempel lawan hingga kotak penalti Qatar.

Skema tersebut cukup efektif pada awal laga. Garuda Muda sering berhasil mencuri bola di pertahanan lawan dan beberapa kali menghasilkan peluang berbahaya.

Pada menit ke-27, Lotfi Madjer kembali memberikan gertakan ke gawang timnas U-19 Indonesia. Dan sepakannya masih bisa diamankan oleh kaki kiper Mohammad Adi Satryo.

Memasuki menit-menit krusial babak pertama, Beckham Putra membuat tendangan mengarah ke gawang pertamanya.

Namun, sepakan jarak jauh pemain Persib Bandung tersebut masih mudah diamankan kiper Qatar, M Balideh. Babak pertama berakhir dengan skor imbang 0-0.

Masuk babak kedua, Shin Tae-yong memasukkan David Maulana yang menggantikan Beckham Putra.

Gol Timnas U-19 Indonesia pun akhirnya tercipta diawali skill unik bek Pratama Arhan, yakni lemparan jarak jauh yang mampu dimaksimalkan Saddam Gaffar di depan gawang dengan menyundul bola ke belakang.

Kiper Qatar, M Balideh pun hanya bisa melongo melihat bola melewati garis gawang yang dijaganya.

Namun sayang, di menit ke-88, Qatar mendapat hadiah penalti setelah Rizki Ridho melanggar penyerang lawan, Ali Surag di kotak terlarang.

Altairi yang turun sebagai eksekutor pun mampu menjebol gawang Adi Satryo. Padahal Adi sudah berhasil membaca arah bola.

Empat menit waktu tambahan pun tak mampu dimaksimalkan Garuda Muda menambah gol. Laga berakhir dengan skor imbang 1-1.

Susunan pemain:

Indonesia (4-4-2): 1-Muhammad Adi Satryo (PG); 3-Bagas Kaffa, 5-Rizki Ridho (C), 14-Komang Teguh, 2-Pratama Arhan; 11-Witan Sulaeman, 25-Beckham Putra (8-David Maulana 46'), 9-Brylian Aldama,6-Mochammad Supriadi; 29-Saddam Gaffar, 27-Braif Fatari.
Pelatih: Shin Tae-yong

Qatar (4-3-3): 21-M Balideh (PG), 2-Yousif, 5-Kadira, 6-Faisal Mohammad Azadi, 7-Hadi Ali Tabasideh, 8- Alhadrami, 10-Al Mehairi, 12-Al Sulaiti, 16-Diyah Haroon D Taha, 20- Al Marri, 33-Lotfi Madjer.
Pelatih: Lucas Nardi

Penulis: Rianz
Editor:Redaksi

Baca Juga