Buka Pelatihan Serikat Pekerja

Wakil Bupati Sidoarjo Minta Hubungan Pengusaha dan Pekerja Bisa Berjalan Baik

Wabup Nur Ahmad Syaifuddin (pegang mikrofon) saat memberikan sambutan di depan para pekerja PT Asahimas yang mengikuti pelatihan

Sidoarjo, Akuratnews.com - Terjalinnya hubungan baik antara pekerja dengan pengusaha akan membawa dampak positif terhadap produktivitas, sehingga perusahaan pun tetap eksis di era globalisasi ini.

Penegasan itu dikemukakan Wakil Bupati (Wabup) Sidoarjo, yang juga Ketua Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripartit Kabupaten Sidoarjo, H. Nur Ahmad Syaifuddin saat menghadiri dan membuka kegiatan bertajuk "Pelatihan Serikat Pekerja" yang digelar Serikat Pekerja Asahimas Sidoarjo (SPAS), bertempat di Gedung Pertemuan PT Asahimas Flat Glass Tbk Sidoarjo Factory, Rabu (26/9/2019).

"Sebagai wakil dari pemerintah, saya harus mampu menempatkan diri berada di tengah dua unsur, yaitu pengusaha dan pekerja. Karenanya, saya meminta hubungan industrial antar kedua unsur itu berjalan baik. Bila ada permasalahan, duduk bersama. Jika hubungan baik tercipta akan berdampak positif pada produktivitas, sehingga perusahaan tetap eksis di era globalisasi ini. Perlu diketahui, pekerja adalah mitra pengusaha," jelasnya.

Dikatakan Cak Nur, sapaan akrab Wabup Nur Ahmad Syaifuddin ini, pihaknya sangat mengapresiasi terbentuknya SPAS. Terlebih, 65% pekerja PT Asahimas yang tergabung di serikat pekerja independen itu.

"Berdirinya serikat pekerja independen, SPAS ini cukup baik. Semisal, timbul persoalan, pekerja bisa mengurusnya sendiri sesuai kebutuhan perusahaan. Jaga kerukunan dengan semua pihak, termasuk bersikap tenggang rasa terhadap organisasi serikat pekerja yang lain. Hal ini penting, guna menjaga kondusivitas yang berpengaruh pada kesejahteraan pekerja," harapnya.

Penulis: Wachid Yulianto
Editor: Redaksi

Baca Juga