Yuk.. Tingkatkan Imun Dengan Bersepeda Balap

AKURATNEWS - Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan dan melanda di seluruh dunia bukanlah alasan untuk tidak menjaga kesehatan tubuh dengan berolahraga.

Justru sebaliknya, dengan berolahraga kita bisa menjaga kebugaran tubuh, sehingga imunitas pun bisa terjaga. Karena itulah, banyak dari kita sekarang yang menggemari olahraga sepeda balap.

Olahraga yang satu ini memang tengah digemari di banyak tempat di Indonesia, terutama sejak wabah pandemi merebak. Bahkan akhirnya menjadi tren dan gaya hidup.

Selain bisa menyehatkan badan, olahraga sepeda juga bisa dilakukan demi menghilangkan kejenuhan kita yang sehari-hari berada di rumah saja.

Olahraga sepeda membuat kita bisa menikmati udara luar, tetapi juga tetap dengan menjaga jarak dan mengenakan atribut yang sesuai dengan protokol kesehatan. Karena itu, sekarang kita bisa lihat banyak kelompok masyarakat yang secara teratur melakukan olahraga ini bersama-sama.

Lalu apa yang perlu diperhatikan dalam olahraga ini? Secara khusus, olahraga sepeda sendiri bisa dilakukan dengan banyak cara. Mulai dari sepeda santai, touring, hingga olahraga sepeda balap atau road bike.

Nah, bagi Anda yang hendak menekuni olahraga balap, ada beberapa aspek yang perlu Anda ketahui untuk bisa menunjang performa Anda. Apa saja?

1. Komponen Sepeda Balap
Sepeda yang akan menemani Anda berolahraga merupakan elemen penting.
Bahan rangka sepeda merupakan faktor terpenting. Biasanya ada dua jenis rangka sepeda yang umum dijual, yaitu yang berasal dari karbon dan aluminium. Lalu,  mana yang lebih bagus?

Pemilihannya bisa dikembalikan pada penggunaan sepeda balap itu sendiri. Jika Anda melakukan olahraga sepeda balap sebagai hobi, dan hanya digunakan di area-area kota, maka rangka sepeda dari aluminium lebih disarankan, agar lebih ringan tetapi tetap kuat. Rangka sepeda dari karbon, selain dari harga lebih mahal, tetapi juga akan lebih berat.

Untuk komponen lainnya, seperti halnya rangka sepeda, akan mempengaruhi bentuk sepeda balap itu sendiri. Misalnya saja seperti ukuran ban; yang berukuran 16 inci akan lebih gesit jika digunakan untuk bermanuver, tetapi akan berat di tanjakan. Sedangkan, ban 20 inch mungkin akan lebih kuat di tanjakan.

Nah, mana yang menjadi kebutuhan Anda? Anda bisa memilih berdasarkan apa yang hendak Anda lakukan ketika melakukan olahraga sepeda balap ini. Begitu juga dengan komponen lain, seperti sadel, stang, dan yang lainnya. Sesuaikan dengan tujuan Anda melakukan olahraga sepeda balap.

2. Teknik Bersepeda
Selain komponennya, sebaiknya Anda juga harus mengetahui teknik bersepeda yang benar.

Posisi yang terbaik adalah posisi kepala yang harus mengikuti alur tulang belakang dan pandangan senantiasa harus diarahkan ke lintasan sepeda.

Tangan perlu ditekuk sedikit saat mengayuh sepeda balap, dengan posisi telapak tangan menggenggam handle bar, atau rem sekaligus. Rilekskan tubuh namun tetap siaga dan posisi stabil.

Punggung harus diposisikan membungkuk untuk memacu sepeda dalam kecepatan tinggi, sedangkan untuk lintasan menurun, punggung harus dalam posisi tegak.

Gunakan pangkal jari kaki untuk mengayuh pedal, sehingga kecepatan kayuhan berada dalam posisi stabil saat bersepeda, dan juga bisa mencegah varises.

Teknik bersepeda ini penting untuk diketahui untuk mencegah resiko cidera saat berolahraga menggunakan sepeda balap.

3. Pakaian Berolahraga
Dalam melakukan olahraga sepeda balap ini, atribut juga membawa peranan penting, karena bisa berkaitan dengan keamanan diri Anda.

Gunakan pakaian yang sesuai untuk olahraga sepeda balap. Pakaian khusus ini tak hanya sudah didesain agar membuat pemakainya merasa nyaman, tetapi juga bisa menghindarkan tubuh dari cedera.

4. Lengkapi Atribut Agar Aman Saat Bersepeda
Atribut lainnya yang harus Anda gunakan juga adalah helm sepeda, sarung tangan, penghangat leher, kacamata, jaket, dan sepatu dengan kaus kakinya. Lengkapi juga sepeda Anda dengan botol minum sekaligus tempatnya, bel sepeda, serta berbagai perlengkapan, seperti kunci L dan sejenisnya.

Atribut-atribut ini penting sekali Anda lengkapi, untuk memastikan keamanan diri Anda saat melakukan olahraga sepeda balap ini.

Jangan khawatir, di jaman sekarang, Anda tak perlu bersusah payah kok mencari di mana bisa menemukan toko untuk beli sepeda balap sekaligus yang menyediakan atribut olahraga sepeda balapnya juga.

Carilah yang menyediakan harga terjangkau, dan memiliki berbagai pilihan pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Salah satunya, Anda bisa mencari kebutuhan Anda akan berbagai perlengkapan olahraga sepeda balap di Decathlon Online.

Adanya katalog online akan memudahkan Anda untuk mencari yang sesuai dengan keinginan. Khusus untuk pakaian, Decathlon juga dilengkapi dengan panduan ukuran dan cara mengukurnya, sehingga bisa menghindarkan dari kesalahan ukuran saat membeli.

Nah, semoga Anda semakin giat menekuni olahraga sepeda balap ini ya. Jangan lupa untuk selalu mengenakan semua atribut dengan benar juga melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga