oleh

Golkar Pertanyakan Partai Pengusung Amien, Ini Jawaban PAN

Jakarta, Akuratnews.com – Amien Rais menyatakan kesediaannya menjadi Capres 2019 menantang petahana Joko Widodo. Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily pertanyakan kesiapan partai pengusung.

“Bukankah masing-masing partai politik sudah memiliki capresnya sendiri. Misalnya Gerindra sudah ada Pak Prabowo, PKS sudah memiliki 9 calon, PAN setahu saya merekomendasikan Ketua Umumnya, PBB mencalonkan Pak Yusril, dan lain-lain,” kata Ace pada Minggu (10/06/2018).

Menanggapi hal tersebut, politisi Partai Amanat Nasional Chandra Tirta Wijaya, mengatakan bahwa Amien adalah opsi Capres bagi Koalisi Keumatan.

“Ya titik beratnya ke sana (parpol-parpol Koalisi Keumatan),” kata Chandra kepada Akuratnews.com, Minggu (10/06/2018) malam.

Bagi Chandra permasalahan parpol pengusung Amien bukanlah kendala berat mengingat setiap poros politik masih cair hingga saat ini. Sehingga jika masing-masing Parpol Koalisi Keumatan mengusung kadernya sendiri, itu masih hal yang wajar.

“Ya nggak problem juga. Kan Gerindra meng-endorse Prabowo, PKS meng-endorse sembilan, PAN meng-endorse 4. Ya masih dua bulan lagi ini kan! Pak Jokowi sama juga, belum ada wakilnya. Masih terbukalah semuanya, masih cair lah,” kata Chandra.

Candra mengatakan, berbagai opsi terbuka di Koalisi Keumatan dan disodorkannya nama Amien Rais sebagai Capres dari PAN merupakan hal wajar dan rasional.

“Pada satu saat nanti akan ada titik kompromi. Sekarang dibolehkan wacana ini tapi pada suatu saat, bisa kan Gerindra-PAN, Gerindra-PKS, Gerindra-PAN-PKS gitu kan?” katanya.

Seperti diketahui, meski PAN hanya memiliki 7,57 persen kursi dari 20 persen yang menjadi ketentuan presidential threshold, namun secara bobot dukungan suara, Amin Rais boleh dibilang memiliki nilai tawar karena “kursinya” di Persaudaraan Alumni (PA) 212 yang massanya terbukti memenangi Pilkada DKI tahun lalu. (MDz)

Komentar

News Feed