oleh

PAN: Koalisi Keumatan adalah Koalisi Kebangsaan

Jakarta, Akuratnews.com – Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) Chandra Tirta Wijaya, menepis tudingan sebagian pihak terkait penggunaan “politik identitas” praktis di Koalisi Keumatan.

“Sebenarnya Koalisi Keumatan itu adalah Koalisi Kebangsaan. Umat dan Bangsa itu sama. Jadi hanya istilah saja untuk memudahkan karena pemberian namanya kan dari teman-teman yang muslim yah. Tapi kita (PAN) sendiri, Keumatan dan Kebangsaan itu seperti mata koin, dua-duanya ada, tidak bisa didikotomikan begitu lho,” jelas Chandra pada Akuratnews.com, Minggu (10/06/2018) malam.

Istilah Koalisi Keumatan mencuat seusai Amien Rais bersama Persaudaraan Alumni (PA) 212 dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto, bertemu Imam FPI Rizieq Shihab di Mekah pada 02 Juni 2018.

Rizieq, mendorong partai-partai berbasis pemilih muslim agar bersatu membentuk sebuah koalisi oposisi untuk memenangkan Pilpres 2019. Sebutan Koalisi Keumatan pun direspon oleh Golkar yang saat ini masih berada di kubu Jokowi.

“Jadi, janganlah kita gampang menggunakan istilah-istilah yang tendensius, simbolik keagamaan,” ujar Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (5/6/2018) lalu. (MDz)

Komentar

News Feed