oleh

RNJ Ajak Masyarakat Dukung Deradikalisasi Pemberantasan Terorisme Tanpa Kekerasan

Jakarta, Akuratnews.com – Menyikapi berbagai kejadian aksi terorisme dan penangkapan kelompok-kelompok radikal di Indonesia, Relawan Nusantara Jokowi (RNJ) mengajak seluruh lapisan masyarakat dalam upaya deradikalisasi di Indonesia.

Ajakan ini untuk mendukung upaya deradikalisasi atau tindakan preventif kontraterorisme serta stratregi untuk menetralisir paham-paham yang dianggap radikal dan membahayakan, dengan cara pendekatan tanpa kekerasan, ini bertujuan untuk mengembalikan para anak bangsa yang terjerumus dalam faham radikal untuk kembali kejalan pemikiran yang lebih moderat.

Salah satu yang menjadi konsen RNJ diantaranya adalah ledakan bom yang terjadi di beberapa gereja dan Mapolres di Surabaya. Jawa Timur beberapa waktu lalu.

“Bukan hanya karena tindakan tersebut sangatlah keji dan cenderung berpotensi memecah belah keutuhan NKRI, yang juga sangat memprihatinkan adalah ditemukannya fakta bahwa pelaku terorisme tersebut berasal dari satu keluarga, Ayah, Ibu, dan empat orang anaknya,” kata Ketua RNJ Haidar Alwi, di Jakarta. Kamis (17/5).

Menghadapi aksi terorisme ini, masyarakat Indonesia memang tidak boleh takut dan harus terus melawan.

“Tapi, kami tidak hanya ingin meneriakkan simbol-simbol keberanian dan dukungan dalam melawan terorisme, RNJ ingin “sibukkerja”, turut berperan dan ikut serta dalam upaya kontra terorisme (radikalisme) yang sedang dilakukan oleh pemerintah saat ini,” tegas Haidar.

Senada dengan Ketua RNJ, Diah Warih Anjari selaku Sekjen RNJ juga menilai, bahwa gerakan deradikalisasi bertujuan melakukan tindakan preventif kontra terorisme atau strategi, untuk menetrallisir paham-paham yang dianggap radikal dan membahayakan di Indonesia.

“Tindakan deradikalisasi dilakukan dengan menggunakan pendekatan tanpa kekerasan (soft power), dalam hal ini, peran seorang wanita sangatlah dibutuhkan, karena perempuan dan khususnya seorang ibu adalah simbol kasih sayang,” papar Diah.

Oleh karenanya, RNJ tidak hanya ingin sekedar berkata-kata, RNJ ingin “sibukkerja” mendukung pemberantasan terorisme (radikalisme) di seluruh Indonesia dengan melakukan sosialisasi dan pembekalan-pembekalan deradikalisasi kepada masyarakat luas.

“Kami akan menyebarkan kedamaian, menyebarkan persatuan, menyebarkan ajakan-ajakan kontra terorisme (radikalisme) tanpa kekerasan,” pungkas Diah.

Sebagai bagian dari rakyat Indonesia, RNJ akan memulai kegiatan sosialisasi dan pembekalan di Surabaya dan Jakarta dengan membagikan handbook deradikalisasi yang didalamnya berisikan informasi serta panduan tentang deradikalisasi agar masyarakat khususnya kaum perempuan dapat turut berperan aktif dalam upaya deradikalisasi di lingkungan sekitarnya masing-masing.

Gerakan ini bertujuan untuk mendorong seluruh lapisan masyarakat luas untuk senantiasa secara aktif melawan, waspada dan peduli terhadap potensi bahaya paham-paham radikal yang ada disekitar lingkungannya. (Dk).

Komentar

News Feed