oleh

Tiket Pelni untuk Mudik Gratis Diborong 23 BUMN

Jakarta, Akuratnews.com – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) melansir pemesanan tiket dari kalangan badan usaha milik negara (BUMN) pada masa angkutan Lebaran 1439 Hijriah mencapai 24.512 tiket. Jumlah tersebut setara 11,88% dari total target peserta mudik bareng BUMN tahun ini sebanyak 206.300 pemudik.

Manager Public Relations & CSR Pelni, Akhmad Sujadi mengatakan tiket kapal laut tahun ini dipesan oleh 23 BUMN, jauh lebih banyak dibandingkan tahun lalu yang hanya 3 BUMN. Partisipasi BUMN tahun ini lebih besar karena upaya melayani pemudik dari luar Jawa.

“Tahun ini lebih masif ke seluruh Indonesia. Konsentrasi paling besar [pemudik] dari Indonesia [bagian] Tengah sebesra 43%,” ujarnya di Jakarta, Selasa malam (05/06/2018).

Wilayah Indonesia Bagian Tengah dalam rute kapal laut yang dilayani Pelni mencakup Bontang, Balikpapan, Makassar, Bima, dan Kupang. Sementara itu, Indonesia Bagian Barat yang mencakup Belawan, Batam, Jakarta, Sampit, dan Semarang memegang pangsa angkutan 39%. Adapun sisanya para pemudik akan berasal dari Indonesia Bagian Timur, mencakup Surabaya, Ambon, Bau Bau, Manokwari, dan Jayapura.

Sujadi mengungkapkan Pupuk Indonesia menjadi BUMN paling banyak membeli tiket kapal laut Pelni untuk program mudik gratis sebanyak 3.900 tiket. Kemudian, disusul Pertamina sebanyak 3.878 tiket, Semen Indonesia (3.500), Pelindo I (2.000 tiket), dan Pelindo III (1.700 tiket).

Menurut Sujadi, perseroan tidak memberikan diskon tiket kepada BUMN yang memborong tiket kapal laut. Pasalnya, tiket yang dibanderol Pelni merupakan tiket bersubsidi yang berasal dari dana kewajiban pelayanan publik (PSO) Kementerian Perhubungan.

Ditambahkan, pembelian tiket dalam jumlah besar oleh BUMN cukup membantu penjualan perseroan.

“Biasanya, Jakarta-Surabaya itu kosong, sekarang bisa terisi,” tukasnya. (Wan)

Komentar

News Feed