Kisah Pilu G30S PKI

10 Perempuan Tertuduh Pembunuh Para Jenderal

Tak cukup itu, diseretnya Suparti ke hutan yang berada di belakang pos. Mulai dari hujan dan panas, selama beberapa hari ia lalui dengan kepedihan di sana.

Dan pada akhirnya, ia ditemukan oleh dua orang suami-istri yang bekerja sebagai petani yang akhirnya merawatnya. Berkat pertolongan itulah, akhirnya Suparti berhasil bertemu dengan anak dan keluarganya.

9. Badriyah – Aktivis Gerwani

Perempuan itu bernama Badriyah, ia tak pernah menyesal hidup sebagai aktivis Gerwani. Baginya, Gerwani adalah sebuah organisasi perempuan yang tak pernah melakukan kesalahan apalagi kejahatan.

Ia ditangkap jelang satu hari peristiwa G30S di Jakarta. Ia dituduh terkait peristiwa itu, dirinya berada di Jakarta dan mengikuti latihan militer di Lubang Buaya, lalu menyiksa para jenderal.

Hari pertama hingga keempat, ia dibawa ke tangsi tentara dan terus diintrogasi. Hari kelimanya, ia diinterogasi oleh tiga orang tentara dengan kondisi tubuh tanpa busana.

Tak hanya itu, ia juga disiksa dengan menyeturmnya di bagian-bagian tubuhnya yang sensitif.

Karena ia termasuk tawanan yang keras kepala, lalu ia dipindahkan ke Nusa Kambangan. Di sana, ia juga mendapatkan perlakuan yang sangat buruk dan tidak manusiawi, bahkan dengan jatah makan yang sedikit.

Ia sempat lumpuh dan di rawat. Setelah hampir setengah tahun sembuh, lalu ia dibebaskan dan akhirnya memilih tinggal di Gereja.

10. Darmi – Penari Bali

Darmi, ia lahir dari keluarga bangsawan, dan hidupnya berubah drastis menjelang akhir tahun 65’.

Darmi adalah penari Bali yang sering mengisi acara kesenian yang diselenggarakan oleh partai politik dan organisasi massa tertentu.

Selanjutnya 1 2 3 4 5 6 7

Baca Juga