7 Aplikasi Pembukuan Usaha Kecil Terpercaya

7 Aplikasi Pembukuan Usaha Kecil Terpercaya
7 Aplikasi Pembukuan Usaha Kecil Terpercaya

AKURATNEWS - Setiap perusahaan pasti memiliki pembukuan usahanya masing-masing. Pasalnya, pembukuan merupakan tugas akuntansi yang paling dasar dan biasanya dilakukan oleh ahli pembukuan pada setiap perusahaan. Pembukuan sendiri merupakan proses pencatatan transaksi keuangan ke dalam catatan akuntansi.

Transaksi yang dicatat, antara lain pendapatan, pengeluaran, penjualan, serta pembelian yang dilakukan oleh perseorangan maupun organisasi dalam suatu perusahaan. Pencatatan transaksi ini harus dibuat dengan lengkap dan terperinci, sebab pembukuan memiliki fungsi penting dalam menganalisa performa usaha.

Manfaat Pembukuan

Pembukuan usaha tidak dibuat secara cuma-cuma. Setiap pencatatan transaksi keuangan yang dilakukan tentu memiliki manfaat penting bagi keberlangsungan perusahaan. Lantas, apa saja manfaat dari dibuatnya pembukuan usaha? Yuk, simak ulasannya berikut!

Mengetahui Setiap Transaksi

Sama seperti pengertiannya yang merupakan proses pencatatan transaksi keuangan, pembukuan tentu bermanfaat untuk mengetahui setiap transaksi yang dilakukan dalam perusahaan. Pengetahuan mengenai setiap transaksi ini akan membantu pemilik usaha untuk mengetahui distribusi uang secara detail dalam bisnisnya.

Catatan transaksi dalam pembukuan juga membantu pemilik usaha dalam memantau distribusi barang. Maka dari itu, pencatatan pembukuan perlu dilakukan dengan lengkap dan detail, agar tidak ada informasi yang terlewat. Pencatatan yang teliti akan membantu keberlangsungan bisnis, sebab mampu memberikan informasi yang akurat.

Mengetahui Besar Kecilnya Untung atau Rugi

Setiap usaha pasti sudah tidak asing dengan keuntungan ataupun kerugian. Masih terkait dengan manfaat utama pembukuan untuk mengetahui transaksi yang terjadi di perusahaan, pembukuan juga berperan dalam memberikan informasi terkait besar kecilnya keuntungan atau kerugian yang diperoleh suatu usaha.

Informasi mengenai transaksi keuangan yang ada pada pembukuan memudahkan pelaku usaha dalam mengetahui arus distribusi uang dan barang. Dari sini pelaku usaha dapat dengan cepat memperkirakan keuntungan yang mungkin didapatkan atau kerugian yang akan diderita. Hal ini juga membuat penilaian posisi perusahaan semakin mudah.

Menilai Performa Bisnis

Pembukuan usaha memuat semua rekaman transaksi yang ada di dalam perusahaan. Melalui rekaman ini, pelaku usaha dapat melakukan penilaian mengenai kinerja perusahaan dalam suatu periode tertentu. Kinerja perusahaan dapat disimpulkan dari informasi dalam pembukuan yang memuat angka-angka laba, rugi, pembelian, dan penjualan.

Selanjutnya 1 2 3 4 5
Penulis: Redaksi
Editor: Ahyar

Baca Juga