Dituduh Sebagai Tenaga Kerja Ilegal

9 WNI di Penjara di Malaysia? Kinerja Perwakilan RI Buruk, Kata Kuasa Keluarga

M. Furqon, Kuasa Hukum Keluarga WNI yang di Penjara di Malaysia. (Foto Istimewa)

Jakarta, Akuratnews.com - M. Furqon, Kuasa Keluarga sekaligus aktivis pemerhati Tenaga Kerja Indonesia (TKI) mengkritik kinerja perwakilan RI di Malaysia terkait penanganan kasus ditangkapnya sejumlah pekerja WNI asal DKI Jakarta yang kini berada dalam tahanan.

WNI itu dilaporkan oleh warga negara Malaysia dengan tuduhan sebagai pekerja ilegal. Mereka ditangkap setelah masuk ke Malaysia dan baru akan memulai pekerjaannya.

"Saya mengkritik keras apa yang terjadi di kasus ini, ini menunjukkan kinerja yang sangat buruk dari perwakilan RI disana," kata Furqon usai lawatannya dari negeri Jiran Diraja Malaysia,

Menurut Furqon, perwakilan RI di Malaysia tidak melakukan kewajibannya sebagai lembaga yang seharusnya melindungi dan memfasilitasi bantuan atau konsuler. Bahkan sebaliknya, terkesan melakukan pembiaran sehingga citra Indonesia dimata Malaysia semakin dilecehkan.

"Bahkan terkesan budak majikan yang terlembagakan," ujar Furqon.

Furqon menuturkan, menurut keterangan petugas staff perwakilan di KBRI Malaysia, saat dijumpai sejumlah keluarga, mereka mengatakan, konsuler KBRI tidak bisa diterima oleh petugas sipir penjara Bentong, Pahang, Malaysia untuk melakukan pengecekan.

Selanjutnya 1 2 3

Baca Juga