Makna dan Bacaan Doa Nabi Yunus, Lengkap dengan Keutamaannya

Makin Rajin

Bagi umat muslim, doa Nabi Yunus adalah salah satu bacaan doa yang sudah tak diragukan lagi faedah serta manfaatnya. Selain mampu menenangkan hati, doa ini juga sangat dianjurkan untuk kita baca saat berada dalam situasi yang sulit.

Bahkan, masih banyak lagi faedah bagi umat muslim yang sering mengamalkannya. Lantas, apa saja faedah serta manfaat tersebut? Simak selengkapnya di sini!

Bacaan Doa Nabi Yunus

Doa Nabi Yunus adalah salah satu doa yang terkenal dalam Islam. Selain itu, doa ini sendiri berasal dari kisah nabi Yunus AS yang terdapat dalam Al-Qur’an. Nabi Yunus dikenal karena ceritanya yang unik di mana ia ditelan oleh seekor ikan paus. Lalu, doa ini pun selalu dibaca ketika ia berada dalam perut ikan paus tersebut.

Doa ini sendiri juga tercatat dalam Al Quran surah Al-Anbiya ayat 87 dan bunyi bacaannya adalah sebagai berikut:

لاَ إِلَهَ إِلَّا أَنتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

(La ilaha illa anta, Subhanaka, inni kuntu minadzolimin)

Hadits Tentang Doa Nabi yunus

Keutamaan serta hadits dari doa ini tertera dalam buku “Kumpulan Doa Lengkap Untuk Berbagai Kebutuhan Hamba Allah”. Buku ini telah diterjemahkan dari Abu Zur’ah dan bunyi haditsnya adalah sebagai berikut:

عن سعد بن أبي وقَّاص قال: قال رسولُ الله ﷺ: دعوة ذي النون إذ دعا وهو في بطن الحوت: لا إله إلا أنت سبحانك إني كنتُ من الظَّالمين، فإنَّه لم يدع بها رجلٌ مسلمٌ في شيءٍ قطّ إلا استجاب اللهُ له.

Baca Juga:  Niat Puasa Senin Kamis, Keutamaan Beserta Tata Caranya

Sa’d bin Abi Waqqash radhiyallahu ‘anhu menceritakan bahwa Rasulullah shallallahu wa’alaihi wasallam pernah berkata: 

“Doa yang diucapkan oleh Dzun Nuun (Nabi Yunus ‘alaihissalam) saat berada dalam perut ikan paus adalah: “laa ilaaha illaa anta subhaanaka innii kuntu minazh zhaalimiin” (Tiada Tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau, sungguh aku termasuk orang-orang yang melakukan kezaliman).

Tidak seorang Muslim pun yang mengucapkan doa ini dalam suatu masalah, kecuali Allah akan mengabulkannya.” Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan At-Tirmidzi.

Selain itu, hadits lainnya adalah sebagai berikut: 

عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الخدري رضي الله عنه ، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ :  مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَدْعُو بِدَعْوَةٍ لَيْسَ فِيهَا إِثْمٌ ، وَلَا قَطِيعَةُ رَحِمٍ ، إِلَّا أَعْطَاهُ اللهُ بِهَا إِحْدَى ثَلَاثٍ : إِمَّا أَنْ تُعَجَّلَ لَهُ دَعْوَتُهُ ، وَإِمَّا أأَنْ يَدَّخِرَهَا لَهُ فِي الْآخِرَةِ ، وَإِمَّا أَنْ يَصْرِفَ عَنْهُ مِنَ السُّوءِ مِثْلَهَا . قَالُوا : إِذًا نُكْثِرُ . قَالَ : اللهُ أَكْثَرُ

Menurut hadits yang diriwayatkan oleh Ahmad melalui perantara Abu Sa’id Al-Khudri RA. Menyatakan bahwa jika seorang muslim memanjatkan doa kepada Allah SWT, sambil menjauhkan diri dan jiwanya dari dosa. Maka, Allah SWT akan memberikan tiga hal, dengan catatan yang bersangkutan tersebut tidak berbuat dosa.

Apa saja tiga hal tersebut? Pertama, yakni Allah akan segera mengabulkan doanya. Kedua, yaitu Allah SWT akan menyimpan doa tersebut untuk nanti di akhirat kelak. Kemudian yang ketiga, Allah SWT akan menjauhkan serta menghindarkan hamba dari kejelekan atau dosa yang serupa.  

Faedah serta Manfaat Membaca Doa Nabi Yunus

Setelah mengetahui bacaan serta hadits yang menjelaskan tentang doa istimewa ini, Anda tentu penasaran apa saja manfaat dari doa istimewa ini? Nah, berikut beberapa manfaat serta faedahnya:

Baca Juga:  Doa Setelah Sholat Hajat Mustajab Yang Sering Dibaca Rashulullah SAW

1. Memuji Allah dan Pintu Terkabulnya Doa

Secara umum, faedah membaca sebuah doa tentu adalah sebagai bentuk rasa atau pernyataan hamba yang mengakui kekuatan dari Allah. Selain itu, pengakuan hamba ini juga bertujuan untuk memuji Allah SWT sebagai satu-satunya Zat yang dapat mengabulkan segala permintaan dan doa dari makhluk-Nya.

Bahkan, semut yang hidup di dalam tanah pun terdengar doanya oleh Allah. Dalam konteks bacaan doa nabi Yunus, terkandung makna pujian atas ke-Esa-an dan juga kesucian dari Zat yang Maha Sempurna Allah SWT.

Tentu saja, Allah menyukai setiap makhluk yang selalu memanjatkan doa serta harapan kepada-Nya. Meskipun merasa banyak dosa dan sering melanggar perintah Allah, setiap hamba memiliki kesempatan untuk dapat bertaubat juga mendapatkan pengabulan doa.

Sebab, sesungguhnya Allah SWT adalah Tuhan yang Maha Pengampun dan Allah pun selalu menerima berbagai doa dari para hamba-Nya.

2. Keinginannya Dikabulkan Allah SWT

Manfaat kedua dari doa istimewa ini, yaitu agar segala keinginan serta harapan dari si pembaca segera terkabulkan atas izin Allah. Jika melihat dari kisah dari Nabi Yunus, beliau selalu berdoa supaya mendapat keselamatan dan keluar dari perut ikan paus.

Selama berada di dalam perut ikan paus itu, nabi Yunus selalu memanjatkan doa kepada Allah dan tak pernah putus asa terhadap pertolongan Allah. Hasilnya, Allah pun terbukti mengabulkan permohonan tersebut.

Oleh karena itu, doa ini sangat mustajab jika kita baca terutama saat mempunyai hajat atau keinginan tertentu kepada Allah. Seperti pada kisah Nabi Yunus, orang muslim yang rutin mengamalkan doa ini memiliki peluang besar doanya akan terkabul atas izin Allah. Ini juga sangat jelas tertera dalam sabda Rasulullah SAW:

“Tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau (ya Allah), Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk di antara orang-orang yang berbuat zalim/aniaya). Sesungguhnya tidaklah seorang muslim berdoa dengannya dalam suatu masalah, melainkan Allah kabulkan baginya.” (H.R. At-Tirmidzi).

Baca Juga:  Sholawat Tibbil Qulub, Teks Arab & Terjemahan, serta Keutamaannya

3. Mendapatkan Kekuatan dalam Menghadapi Cobaan

Berdasarkan pendapat jumhur dari para ulama, doa nabi Yunus memiliki makna yang sangat istimewa. Doa tersebut berisi pernyataan istighfar (ampunan), tauhid, serta bentuk pengakuan atas perbuatan zalim. Itulah alasan doa ini punya banyak faedah. Sebab, doa tersebut memiliki makna tauhid kepada Allah SWT.

Jika kita mengamalkannya dengan hati ikhlas, sungguh-sungguh, dan berharap semata hanya kepada Allah SWT. Maka, hajat apapun akan terkabul.

Menurut Imam Ibnul Qayyim RA, umat muslim yang mengamalkan doa ini sekiranya 100 kali dalam waktu 40 malam, niscaya maka Allah akan segera menuntaskan segala hajatnya.

Seperti yang kita ketahui, manusia pasti memiliki cobaan serta ujian hidup yang pasti berbeda-beda. Tentu saja, manusia juga memiliki batas kemampuan. Sehingga, manusia hanya mampu melewati ujian serta cobaan tersebut dengan bantuan dari Allah.

Oleh karena itu, sudah selayaknya bagi kita kaum muslimin hanya berharap bantuan dari Allah dan tidak menyekutukan Allah dengan makhluk lain.

Apakah Anda Sudah Mengamalkan Doa Nabi Yunus?

Doa Nabi Yunus adalah salah satu doa paling terkenal dalam Islam. Bukan hanya kata-katanya yang indah, tetapi makna dan faedahnya pun mendalam. Selain itu, doa ini juga mengajarkan kita tentang pengakuan, penyesalan, tauhid, dan bentuk kepasrahan diri kepada Allah. 

Melalui kisah nabi Yunus ini, kita mendapat pelajaran untuk selalu mengingat Allah dalam segala keadaan dan bertaubat dengan tulus. Beberapa orang membaca doa ini 1.000 kali untuk memohon pengampunan akan dosa-dosanya. Lantas, siapkah Anda mengamalkannya?

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Artikel Terkait