Akses E-book Jadi Panduan Utama Mudik 2022

AKURATNEWS - Memudahkan masyarakat memahami aturan mudik dan memastikan pelaksanaan perjalanan mudik 2022 berjalan dengan baik, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerja sama dengan Satgas COVID-19, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Kementerian Agama (Kemenag), Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Polri menyusun buku elektronik panduan mudik 2022 atau e-book Aman dan Sehat.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kominfo, Usman Kansong, mengatakan, panduan mudik ini diluncurkan bentuk e-book-nya mengingat tingginya potensi pemudik di tahun ini yang menurut survei Balitbang Kemenhub bahkan menembus angka 85,5 juta jiwa.

"Banyak hal yang harus kita atur dan sampaikan. Untuk itu buku panduan ini kita luncurkan sebagai panduan bagi masyarakat yang ingin mudik untuk memudahkan masyarakat dalam mencari informasi seputar mudik dan protokol kesehatan selama mudik dalam sebuah buku saku yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja," jelasnya dalam Peluncuran e-book Mudik Aman & Sehat 2022 yang dilaksanakan dalam Forum Merdeka Barat 9 (FMB9), Senin (25/4).

Kominfo, lanjut Dirjen IKP, merupakan pihak yang berperan memastikan informasi tentang kebijakan dan protokol kesehatan selama mudik tahun ini disampaikan kepada masyarakat secara terpadu. Selain itu, juga dalam rangka mendukung pelaksanaan mudik 2022 supaya berlangsung aman dan sehat.

"Beragam informasi di dalam e-book itu yang bisa di dapatkan masyarakat seperti, nomor penting saat mudik, syarat dan aturan mudik, program mudik gratis, rencana rekayasa lalu lintas, serta tak lupa protokol kesehatan. Itu penting karena kita masih dalam situasi COVID-19 selama bersilahturahmi di Lebaran 2022," urai Usman Kansong.

Selain itu, hal menarik lainnya yang juga bisa diperoleh di dalam e-book tersebut antara lain mengenai sejarah tradisi mudik, dan tips tentang bugar saat mudik. "Buku panduan itu sifatnya living dokumen, artinya informasi yang ada di dalamnya akan selalu kami update jika ada kebijakan dan protokol kesehatan terbaru, atau informasi terbaru.

Masyarakat yang hendak mengakses Buku Panduan Mudik Aman dan Sehat dapat mengunjungi
linktr.ee/mudik2022. Dalam link tersebut masyarakat bisa mengunduh buku panduan mudik aman dan sehat, maupun membaca secara online.

"Selain itu, dalam buku panduan mudik aman dan sehat juga kami sertakan informasi lain yang bermanfaat untuk kelancaran mudik seperti, info lalu lintas, Korlantas, dan NTMC Polri. Kemudian terkait titik vaksinasi di Tol Jagorawi, Aplikasi PeduliLindungi, dan juga peta kuliner mudik di Pulau Jawa. Sehingga pemudik bisa melakukan perjalanan mudik sembari berwisata kuliner, sekaligus ikut memajukan UMKM lokal," katanya.

Usman Kansong menambahkan, untuk mendukung kelancaran masyarakat dalam mengakses Buku Panduan Mudik Aman dan Sehat, sekaligus aktivitas digital lainnya, Kominfo juga telah memastikan kesiapan jaringan elektronik dan telekomunikasi selama mudik dan Lebaran 2022.

Di kesempatan yang sama, Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan COVID-19, Sonny Harry B Harmadi, menyambut baik kehadiran e-book Panduan Mudik 2022. "E-book ini sangat mudah dibaca, dipahami, dan sesuai aturan yang berlaku. Mudah-mudahan e-book ini dibaca oleh masyarakat, kemudian digunakan menjadi panduan, serta dapat meminimalisir resiko penularan COVID-19 selama pelaksanaan mudik 2022," harapnya.

Tenaga Ahli Menteri Perhubungan Bidang Komunikasi, Thonthowi Djauhari, pun memuji kolaborasi yang dilakukan sejumlah pihak terkait dalam pembuatan e-book tersebut. Menurut dia, keberadaan e-book tersebut melengkapi sejumlah persiapan yang telah dilakukan Kemenhub selaku regulator yang membawahi bidang transportasi.

"Buku panduan mudik e-book 2022 sangat memudahkan pemudik karena juga bisa dibaca lewat hp, banyak informasi di dalamnya termasuk untuk mengetahui jadwal ganjil-genap dan angkutan barang, sehingga pelaku perjalanan bisa memilih kapan sebaiknya melaksanakan mudik. Dengan demikian dapat terhindar dari kemacetan dan kelelahan yang berlebih, sehingga bisa mewujudkan Mudik aman dan Sehat. Namun disamping itu semua, kesadaran masyarakatlah yang lebih menentukan keberhasilan pelaksanaaan mudik tahun ini. Hindari mudik menggunakan sepeda motor dengan beralih mengikuti program mudik gratis yang telah disiapkan pemerintah," tutupnya.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga