Teknologi Radio Ramah Anak

Aplikasi Radio Ramah Anak ‘PAUD’ By SVARA Diluncurkan

Jakarta, Akuratnews.com - Kak Seto bersama Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan Koalisi Anak Madani Indonesia (KAMI) menggelar 'Diskusi dan Peluncuran Radio Anak-anak (Radio Paud) serta pemenuhan Siaran Sehat dan Ramah Anak' yang dilaksanakan di gedung KPI, Jakarta Pusat.

Radio PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) adalah radio berbasis aplikasi 5.0 yang bersinergi dengan Sahabat Anak Indonesia dengan pihak pemerintah, swasta dan masyarakat madani yang diharapkan mampu mewujudkan generasi titanium. Radio PAUD merupakan aplikasi hasil persembahan KAMI bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sekjen KAMI, Ir. Soegiharto Santoso mengatakan ada 400 lagu anak anak yang ada pada radio ini. Aplikasi PAUD yang dapat di download di Playstore ini termasuk aplikasi ringan yang memudahkan ibu-ibu untuk kapan saja dapat menghibur anak-anak mereka.

"Ibu-ibu sambil menjaga anak-anaknya atau bahkan sambil memasak dapat memutar lagu untuk menghibur anak-anak mereka." kata Soegiharto Santoso saat peluncuran aplikasi Radio PAUD di gedung KPI, Jakarta, Jumat (12/4/2019).

Radio PauD ini adalah concern Koalisi Anak Madani bersama Sahabat Anak Indonesia untuk mewujudkan Generasi Titanium Indonesia 5.0. Berbasis Comm Dev dengan Society 5.0 dimana lagu-lagu anak-anak bersama program mendongeng, chit chat jenaka sampai ayo menyanyi melibatkan anak-anak Indonesia sampai dunia.

"Cukup tekan button mic (voice note) yang ada di whatsapp 7-10 menit lalu dmix dengan effect dan lagu anak, dengan sinergi SVARA (pengembang developer) Tech," jelas pria yang dikenal dengan nama Hoky ini.

Dalam hal ini, anak-anak dapat berinterksi secara langsung dengan radio PAUD melalui pesan suara di aplikasi Whatsapp dengan terlebih dahulu menginstal aplikasi Radio PAUD.

Sementara itu, Komisioner KPI, Mayong Suryo Laksono sangat welcome dan menyambut baik hadirnya platform digital sebagai media konvergensi berkonsep Beyond Listening.

"Kemajuan teknologi tidak bisa dibendung lagi dengan hadirnya Radio Paud dari Koalisi Anak KAMI. Sangat baik untuk siaran sehat yang ramah anak, paling tidak dari ekspektasi 2016 terealisasi di tahun 2019 bersama Kak Seto dan KAMI," ucap Mayong.

Menurut dia, peluncuran aplikasi Radio PAUD yang merupakan siaran sehat dan ramah anak, sebetulnya karena tidak menggunakan frekwensi publik, secara wilayah bukan kewenangan KPI, "karena kami hanya mangawasi televisi dan radio yang menggunakan frekwensi publik." Kata Mayong.

Berbeda dengan radio PAUD yang berbasis Comm Dev dengan Society 5.0 yang berintegrasi dengan whatsapp, namun begitu, Mayong meyakini bahwa aplikasi ramah anak yang pertama di Indonesia ini merupakan aplikasi yang sarat dengan edukasi dan hiburan bagi anak-anak.

Dalam keterangannya, Ketua KAMI, Arul menerangkan, sedikitnya ada 400-600an lagu anak-anak populer yang seizin produser dan pencipta lagunya untuk disiarkan di Radio PAUD dengan rotasi 24 jam, dengan pembagian dalam rotasi, tiap pergantian jam berisi 24 lagu Wajib Nasional.

"Jadi anak-anak bisa mendengar lagu Wajib Nasional dengan nasehat dan ucapan rasa bangga para Tokoh Nasional dan artis sepert Presiden ke-3 BJ Habibie, Sherina Munaf, Maudy Ayunda, Raditya Dika dan lainnya.

Uniknya, mengawal jelang 50 tahun Pengabdian Dr. Seto Mulyadi atau Kak Seto di dunia anak, dimana pada tahun depan yakni tahun 2020, KAMI bersama Kak Seto menggelar Lomba Cipta Lagu dan Penyanyi Anak se-DKI Jakarta. Semua anak Indonesia dapat mengikuti lomba tersebut.

Bagaimana caranya? download aplikasi radio PAUD by SVARA di playstore (di kategori Musik dan Audio), dalam salah satu fiturnya, pengguna radio PAUD harus terlebih dahulu mengisi username dan password (paling mudah adalah login dengan facebook), ada banyak fitur atau kategori di radio PAUD, dari Dongeng Anak, Chit Chat Jenaka, Sahabat Anak Menyapa, Ayo Bernyanyi, hingga Anak Soleh dan pengetahuan Tahukah Kamu? bisa didapatkan para pengguna.

Tinggal klik salah satu kategori tersebut, maka pengguna bisa langsung mendengarkan radio dan dapat berinteraksi langsung melalui pesan yang disediakan.

Sementara bagi yang ingin mengikuti Lomba lirik, bisa dilakukan via live chat di Radio PauD atau ke whatsapp admin dengan nomor ±62 81288028183, Caranya, mengirim lirik berikut notasi serta penyanyi cilik divideokan dengan gayanya masing-masing dan dishare ke FB atau Instagram lalu di WA ke Panitia.

Boleh jadi, Radio PauD ramah anak ini turut melengkapi dahaga lagu-lagu anak-anak yang diharapkan oleh Kak Seto untuk tetap bisa konsisten. Demikian Radio PAUD by SVARA persembahan KAMI bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Penulis:

Baca Juga