oleh

Baliho Ma’ruf Amin Diturunkan Paksa Bawaslu Kota Batam

Batam, Akuratnews.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batam mendapati banyak alat peraga kampanye (APK) yang melanggar aturan. Total ada lebih dari 300 APK yang ditertibkan.

Termasuk di antaranya baliho bergambar Calon Presiden-Calon Wakil Presiden (Capres-Cawapres) Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Batam Syailendra Reza Irwansyah Rezeki menjelaskan, baliho yang diperbolehkan dipasang maksimal berukuran 4×7 meter.

Sementara temuan di lapangan, banyak baliho melanggar yang melebihi ukuran tersebut. Sehingga harus ditertibkan.

“Yang ukuran baliho melanggar langsung kami turunkan. Banyak yang ukurannya lebih besar,” kata Reza di Batam, Rabu (13/2).

Selain baliho dan spanduk, petugas Bawaslu Batam juga menertibkan APK yang dipasang di kaca mobil. Baik di mobil pribadi maupun angkotan kota.

Petugas yang mendapati ada mobil yang terpasang APK langsung menghentikannya. Selanjutnya APK dilepas.

Penertiban APK adalah satu dari banyak sistem pengawasan yang dilakukan Bawaslu. Diharapkan dengan adanya penertiban, perserta pemilu bisa memahami betul hal-hal yang tidak boleh dilakukan.

Sehingga tidak membuat APK yang seharusnya menjadi salah satu media kampanye justru diturunkan petugas.

Bawaslu akan terus melakukan pengawasan proses kampanye hingga pemungutan suara pada 17 April 2019. Bawaslu juga mengharapkan masyarakat untuk bisa bersama-sama menghadirkan proses pemilu yang jujur dan bermartabat. (Red)

Loading...

Komentar

News Feed