Beda dengan AHY, Ray Rangkuti: Gibran-Bobby Menumpang Popularitas Jokowi

Jakarta, Akuratnews.com - Direktur Eksekutif Lingkar Madani Ray Rangkuti menilai rencana anak dan menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming serta Bobby Nasution maju di Pilkada 2020 menunjukkan adanya dinasti politik yang kuat.

Bahkan, Ray menilai dinasti politik tersebut lebih kuat dibandingkan yang pernah dilakukan para politisi lain di Indonesia.

“Saya pikir dinasti politik Jokowi jauh lebih kuat dibandingkan dinasti-dinasti yang lain,” kata Ray dalam sebuah diskusi di Jakarta, Selasa (31/12/2019).

Menurutnya, ada empat faktor yang membuat dinasti politik Jokowi kuat. Faktor pertama karena adanya hubungan darah, khususnya di antara Jokowi dan Gibran.

Kedua karena Jokowi saat ini masih menjabat sebagai Presiden. “Beda cerita kalau Jokowi sudah tidak jadi Presiden, lalu mendorong atau membiarkan anaknya terlibat dalam politik,” kata Ray.

Faktor ketiga yang membuat dinasti politik Jokowi kuat karena Gibran dan Bobby sebelumnya tak memiliki basis politik. Ini lantaran keduanya selama ini tidak pernah berkarier di politik.

Gibran dan Bobby diketahui memiliki latar belakang pengusaha. “Faktor keempatnya boleh disebut (Gibran dan Bobby) menumpang pada popularitasnya Jokowi,” kata Ray.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Alamsyah

Baca Juga