‘Saranghae Merdeka 5K’ Jadi Awal Penyedia Solusi Hubungan Sosial Budaya Indonesia-Korea

Jakarta, Akuratnews.com - Tak hanya sebagai ajang mempererat hubungan Indonesia - Korea di bulan kemerdekaan kedua negara, event 'Saranghae Merdeka 5K' juga menjadi momentum Indonesia-Korea Friendship Association (IKFA) sebagai penyedia solusi hubungan sosial budaya Indonesia-Korea.

"IKFA selama ini dipandang sebagai organisasi yang murni mengurusi bisnis, padahal tidak sepenuhnya bisnis. Kita juga menjembatani sosial, budaya, pendidikan dan juga bisnis," ujar Ketua Umum IKFA, Adhi Wargono di sela-sela event 'Saranghae Merdeka 5K' di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Minggu (25/8).

Salah satu hal yang saat ini sedang dijembatani IKFA adalah rencana Sister City antara Region Andong di Korea dengan Kota Bandung, Jawa Barat.

"Kita cukup diperacaya masyarakat Korea. Saya berharap event ini menjadi pembuka jalan dan momentum yang baik bagi hubungan Indonesia-Korea," ujar Adhi.

Ditambahkan Ketua Panitia Pelaksana 'Saranghae Merdeka 5K', Erwin Purnama, ajang ini didukung penuh Duta Besar Korea untuk Indonesia, Kim Chang Beom.

Dikatakan Erwin, pembukaan peserta ajang ini dilakukan secara online baik oleh IKFA maupun oleh Korea Association. Tercatat sekitar 2.000 peserta mengikuti jalan santai di seputaran Parkir Timur Senayan.

Ajang ini juga dimeriahkan oleh flashmoob tarian Indonesia yang menjadi pembuka sebelum para pelari melakukan start pada pukul 06.00, WIB.

Lalu ada pertunjukan tradisional hanbape, penampilan seni bela diri Taekwondo, Ondel-ondel, band Korea dan juga huburan musik dangdut.

Baik Adhi dan Erwin berharap ajang ini bisa terus digelar tiap tahun dan menjadi momen tetap peringatan kemerdekaan Indonesia dan Korea yang sama-sama jatuh di bulan Agustus.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga