OPINI

Blok Wabu, Sejahterakan Rakyat jika dikelola dengan Sistem Islam

Gunung Emas Blok Wabu
Gunung Emas Blok Wabu

AKURATNEWS - Blok Wabu, konsensi tambang emas yang dilepas atau diciutkan kepemilikannya oleh PT Freeport Indonesia dimana sesuai Undang-undang Nomor 3 Tahun 2020 tentang Mineral dan Batubara, wilayah tambang emas yang telah dilepas asing harus dikembalikan ke Negara.

Dengan adanya kabar penguasaan swasta di wilayah tambang emas tersebut, public menduga sudah ada tender yang dilakukan oleh Kementerian ESDM sebelumnya, namun tidak transparan.

Terulang kembali ketidaktransparanan pengelolaan sumber daya alam Indonesia di tangan Pemerintah yang telah terpapar kapitalisme. Bagaimana tidak, aset bangsa yang bisa dialokasikan untuk kemashalatan rakyat malah diserahkan kepada asing lagi, dengan alasan sumber daya manusia yang tidak kompeten.

Alasan yang terlalu klasik. Indonesia ini surganya katulistiwa, dari SDA hingga SDM memadai. Hanya saja politiknya berbasis kepentingan pribadi. SDM yang diharapkan bisa mengelola negerinya sendiri, malah dikesampingkan. Miris memang, mereka menjabat untuk mengisi kantong mereka sendiri.

Kembali lagi, sistem politik demokrasi ini terlalu mahal maharnya, sehingga untuk menjabat haruslah punya modal banyak, dan setelah menjabat, berpikir dulu untuk mengembalikan modak ketimbang mengurusi amanah rakyat.

Blok Wabu yang berada di Intan Jaya, Papua, diduga memiliki potensi kandungan emas yang lebih besar dari Tambang Grasberg, Freeport Indonesia. Blok ini disebut-sebut menjadi rebutan para pengusaha setelah dikembalikan Freeport Indonesia ke pemerintah sebelum 2018.

MIND ID dan PT Aneka Tambang Tbk menyatakan siap untuk mengelola blok tersebut. Mengacu data Kementerian ESDM 2020, Blok Wabu menyimpan potensi sumber daya 117,26 ton bijih emas dengan rata-rata kadar 2,16 gram per ton (Au) dan 1,76 gram per ton perak.

Peneliti Alpha Research Database Ferdy Hasiman mengatakan nilai potensi ini setara dengan USD14 miliar atau nyaris Rp300 triliun dengan asumsi harga emas USD1.750 per troy once.

Selanjutnya 1 2 3

Baca Juga