BSPS Digulirkan, Semangat dan Budaya Gotong Royong di Masyarakat Semakin Tumbuh

Pemalang Akuratnews.com - Dengan digulirkannya program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) di Kabupaten Pemalang Jawa Tengah, Semangat dan budaya gotong royong di masyarakat semakin tumbuh, hal tersebut sangat membantu pemerintah dalam upaya mengentaskan banyaknya jumlah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Bahwa program ini digagas sejak tahun 2011 dan mulai bergulir sejak 2012 yang bertujuan agar masyarakat sekitar Keluarga Penerima Manfaat (KPM) tumbuh kesadaran sosialnya selain itu juga untuk menjaga dan melestarikan semangat kegotong royongan di masyarakat.

"Makanya ini dinamakan stimulan, prinsipnya merangsang kembali budaya gotong royong di masyarakat. Misalnya bantuan ini kecil dan tidak cukup merehabilitasi keseluruhan, kami berharap lingkungan sekitar saling membantu secara fisik maupun non fisik," Jelas Junaedi selaku tim teknis Kabupaten Pemalang kepada Akuratnews.com Minggu (22/09).

Hal yang sama juga disampaikan oleh Tenaga Fasilitator Lapangan Desa Cikadu Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang.

“Bahwa dengan adanya program BSPS ini, semangat kegotong royongan warga desa Cikadu semakin tumbuh “jelas Wawan.

Dalam program bantuan stimulan ini ada dua kategori yakni peningkatan kualitas dan Pembangunan Baru.

“Ada rumah yang memang tidak layak huni dan ada juga perorangan yang sudah punya tanah, tapi belum punya rumah,” ucap Wawan kepada Akuratnews.com.

Sementara tugas daripada Tenaga Fasilitator Lapangan antaralain sosialisasi, identifikasi kebutuhan, pelaksanaan pembangunan, sampai pemanfaatan rumah tersebut

“Kami berharap agar rumah yang dibangun memenuhi kriteria teknis sesuai ketentuan, misalnya dilihat dari segi atap, dinding, struktur bangunan, fondasi, dan arsitektur. “Intinya kualitas dan kelayakan bangunan harus meningkat. Jadi selain aman dan nyaman, juga layak huni,” pungkasnya.

Penulis: Yusfi W.S
Editor: Redaksi

Baca Juga