Bupati Bandung Barat Dipastikan Sambut Ramadan di Rutan KPK

Konferensi Pers penahanan Bupati Bandung Barat, Aa Umbara dan anaknya Andri Wibawa di Gedung Merah Putih KPK./Restu Fadilah/AKURATNEWS
Konferensi Pers penahanan Bupati Bandung Barat, Aa Umbara dan anaknya Andri Wibawa di Gedung Merah Putih KPK./Restu Fadilah/AKURATNEWS

AKURATNEWS - Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna dan anaknya, Andri Wibawa dipastikan akan menyambut Ramadhan 2021 di Rumah Tahanan (Rutan) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Bupati Bandung Barat dan Anaknya ditahan secara terpisah. Di mana, Aa Umbara ditahan di Rutan KPK Cabang Gedung Merah Putih K4. Sementara Andri Wibawa ditahan di Rutan KPK Cabang Gedung Lama C1.

Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron menerangkan, keduanya ditahan untuk 20 hari ke depan, terhitung sejak 9 April 2021 sampai dengan 28 April 2021.

"Penahanan dilakukan ntuk kepentingan penyidikan," ujar Nurul Ghufron dalam Konferensi Pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, 9 April 2021.

Sebelum bergabung dengan para tahanan lainnya, Aa Umbara dan Andri Wibawa harus terlebih dahulu melakukan isolasi mandiri. Isolasi mandiri akan dilakukan selama 14 hari ke depan pada Rutan KPK Kavling C1.

"Ini dilakukan sebagai tindakan antisipasi penyebaran covid-19 di lingkungan Rutan KPK," ucap Nurul Ghufron.

Sebelumnya, KPK telah menetapkan Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna, Andri Wibawa serta pemilik CV Sentral Sayuran Garden City Lembang, M. Totoh Gunawan sebagai tersangka kasus korupsi pengadaan barang tanggap darurat bencana pandemi covid-19.

Perkara kasus korupsi ini diduga telah terjadi sejak Maret 2020. Tepatnya, saat pemerintah mengumumkan wabah pandemi covid-19 melanda negeri ini.

Selanjutnya 1 2 3
Penulis: Restu Fadilah

Baca Juga