Bupati Serahkan Santunan Rp10 Juta ke Jumaiyah, Korban Kebakaran di Sidoarjo

Bupati Saiful Ilah saat menyerahkan santunan berupai uang tunai sebesar Rp10juta kepada Jumaiyah. (Foto: dok. Akuratnews.com)

Sidoarjo, Akuratnews.com - Mengetahui sebagian bangunan dan isi rumah milik Jumaiyah (80), warga Mergayu RT 10 RW 02, Mergobener, Tarik, Sidoarjo ludes terbakar beberapa waktu lalu, Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah prihatin dan merasa iba atas musibah yang dialami warganya tersebut.

Guna meringankan beban Jumaiyah, Bupati Saiful Ilah menyerahkan santunan padanya sebesar Rp10 juta, bertempat di lingkungan Mergayu RT 10 RW 02, Mergobener, Tarik, Selasa (8/10/2019).

Santunan berupa uang tunai Rp10 juta itu Rp5 juta dari dana bantuan sosial Badan Amil Zakat Kabupaten Sidoarjo dan Rp5 juta dari bantuan UPK-DAPM Wijaya Mandiri PNPM Mandiri Pedesaan Kecamatan Tarik.

"Total Rp10 juta, santunan yang diberikan kepada Ibu Jumaiyah, semoga bantuan itu bisa segera dimanfaatkan untuk memperbaiki sebagian rumahnya yang hangus terbakar," ujarnya.

Selanjutnya, Bupati Saiful Ilah berpesan, agar Jumaiyah bersabar menerima musibah itu dan diminta untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan kompor.

Selain Jumaiyah, Bupati Saiful Ilah juga menyampaikan bantuan uang tunai kepada sepuluh keluarga kurang mampu di desa setempat, masing-masing sebesarRp700 ribu.

Bupati Saiful Ilah berpesan agar bersabar menerima musibah dan lebih berhati-hati lagi dalam penggunaan kompor saat memasak.

Penyebab terbakarnya rumah Jumaiyah, karena ia lupa mematikan kompor seusai menggoreng tempe. Akibatnya, ruang tengah dan seluruh dapur ludes terbakar dalam waktu singkat. Pasalnya, sebagian bangunan rumahnya terbuat dari triplek. Tak hanya itu, almari dan televisi juga hangus.

Awalnya, untuk memadamkan kobaran api, dibantu tetangganya menggunakan selang kecil dan pasir. Tak berselang lama, dua mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi. (*)

Penulis: Wachid Yulianto
Editor: Hugeng Widodo

Baca Juga