3 Cara Berbagi Kuota Telkomsel Lebih Dari 1 GB Gratis Tanpa Biaya

Solaeman Nur Rahman

Cara Berbagi Kuota Telkomsel

AKURATNEWS – Sobat pengguna provider Telkomsel dan saat ini kehabisan kuota internet, ingin membelinya namun tidak ada uang?. Tenang sob, kamu bisa meminjam terlebih dahulu kuota internet ke sesama pengguna Telkomsel. Namun sebelum itu sobat juga harus tahu dulu Cara Berbagi Kuota Telkomsel. Simak ulasan selengkapnya.

Dizaman moderen seperti sekarang ini hampir segala kegiatan dapat dilakukan dengan cara online. Seperti hal berbelanja, mengobrol, mencari hiburan, menonton, mencari lowongan kerja, dan lain sebagainya. Maka, tidak heran jika tidak memiliki kuota internet berasa mati gaya dan tidak bisa melakukan apa-apa.

Namun tahukah sobat bahwa sebagai pengguna provider Telkomsel kamu bisa saling berbagi kuota internet kesesama. Tentunya fitur ini sangat membantu sekali jika sewaktu-sewaktu kita kehabisan kuota internet dan saat itu juga belum ada uang untuk membelinya. Maka dengan fitur ini sobat bisa terlebih dahulu meminjam kuota internet.

Sekilas Tentang Cara Berbagi Kuota Telkomsel

Cara Berbagi Kuota Telkomsel

Sebelum kita terlalu jauh membahas cara berbagai kuota, mimin akan menjelaskan sedikit tentang kuota internet yang selama ini kita gunakan untuk melakukan berbagai kegiatan baik itu diperangkat smartphone ataupun di perangkat komputer.

Kuota internet merupakan sebuah batas penggunaan internet dari sebuah penyedia layanan ataupun dari operator provider itu sendiri. Contohnay seperti sobat membeli kuota internet Telkomsel sebesar 5 GB, maka batas penggunaan mulai dari mengakses internet, mengunggah data, mengunduh, dan segala macamnya hanya 5 GB saja.

Baca Juga:  Cara Cek Bantuan UMKM Terbaru 2023 Syarat Dan Cara Medaftar

Jikalau penggunaan kuota internet 5 GB sudah limit atau habis, maka penggunaan internet akan di stop secara otomatis. Bahasa umumnya adalah kehabisan kuota, jika ingin internet tersebut aktif kembali maka harus mengisi ulang dengan cara membelinya.

Untuk provider Telkomsel sendiri merupakan salah satu penyedia layanan jaringan terbesar dan populer di Indonesia. Jaringannya yang kuat dan ada dimana-mana hingga ke plosok. Oleh karena itu, tidak heran jika Telkomsel masih berdiri kokoh dan memiliki banyak pengguna yang setia hingga saat ini.

Syarat dan Ketentuan Berbagi Kuota Telkomsel

Sebelum sobat melakukan transfer atau berbagi kuota internet, sobat harus mengetahui syarat dan juga ketentuan yang sudah diberikan dikeluarkan oleh provider Telkomsel. Berikut adalah poin-poin yang harus sobat pahami sebelum melakukan berbagi kuota.

1. Berbagi Kesesama Pengguna Telkomsel Prabayar

Syarat yang pertama tentunya harus sesama atau satu provider, dan hal tersebut juga berlaku untuk pengguna prabayar. Jadi bagi yang menggunakan pascabayar tidak bisa melakukan hal ini.

2. Minimal dan Maksimal Transfer Kuota

Terdapat minimal transfer dan juga maksimal yang bisa sobat lakukan. Untuk minimal transfer yaitu 50 MB, sedangkan untuk maksimal yang bisa sobat transfer adalah 500 MB.

3. Maksimal Jumlah Penerima Bagi Kuota

Selain maksimal jumlah kuota, pengguna juga akan dibatasi dalam melakukan transfer. Dalam satu hari pengguna hanya diberikan jatah transfer maksimal 3 GB dan itu terbagi kedalam 5 kali transaksi yang berbeda.

4. Masa Aktif Kuota yang Dibagikan

Kuota internet yang dibagikan ternyata memiliki masa aktif yang sudah ditentukan, yakni selama 3 hari dan mulai terhitung dari mulai transfer. Jadi sobat memiliki banyak waktu selama 3 hari untuk menggunakannya.

5. Harus Memiliki Pulsa Tersisa

Sebelum melakukan transfer kuota sebaiknya kita cek sisa pulsa yang ada. Karena syarat untuk berbagi kuota yaitu harus memiliki pulsa sekurang-kurangnya 1000 rupiah setelah melakukan proses transfer kuota.

Baca Juga:  Cara Pinjam Uang di Bank Jago Secara Online Dan Syaratnya

Tarif Berbagi Kuota Telkomsel

Selain syarat untuk melakukan transfer kuota, pengguna juga harus menyiapkan biaya untuk jasa transfer. Tarif yang dikenakan pertransaksi juga sangat bervariasi tergantung penggunaan jenis paket. Berikut adalah jumlah tarif yang harus disediakan sebelum melakukan transfer kuota di Telkomsel.

1. Kuota Internet Semua Jaringan

Untuk kuota internet semua jaringan memiliki tarif yang mungkin lebih besar dari yang lainnya. Karena pada paket ini dapat digunakan ke semua jaringan tanpa paket tertentu.

Besar tarif yang harus keluar untuk melakukan transfer kuota internet semua jaringan dari 50 MB sampai dengan 500 MB dikenakan tarif Rp 5.000 dan memiliki masa aktif selama 3 hari.

2. Kuota OMG, GameMAX, Mingguan/Bulanan, Kuota MAXstream

Nah, untuk penggunaan paket tertentu memiliki tarif yang berbeda-beda tergantung dari besar kecilnya kuota yang akan di transfer. Namun pemungutan tarif yang harus dikeluarkan tidaklah sebesar dengan paket sebelumnya.

Pengiriman dengan besaran kuota internet 50 MB atau kurang dari 1 GB dikenakan tarif sebesar Rp 1.000 dengan masa aktif 3 hari. Sedangkan untuk besaran transfer kuota 1 GB hingga 3 GB dikenakan tarif Rp 2.000 dengan memiliki masa aktif yang sama yaitu 3 hari.

Cara Berbagi Kuota Telkomsel

Cara Berbagi Kuota Telkomsel

Setelah mengetahui syarat dan ketentuan serta tarif yang harus sobat keluarkan. Kini tahap selanjutnya adalah mengetahui Cara Berbagi Kuota Telkomsel. Terdapat tiga cara yang bisa kita lakukan untuk transfer kuota internet.

1. Cara Berbagi Kuota Telkomsel Dengan Kode USSD

Untuk cara yang pertam kita bisa menggunakan kode dial atau kode USSD seperti melakukan cek pulsa. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama silahkan sobat buka ponsel.
  2. Kemudian buka menu Panggilan.
  3. Setelah itu masukan kode USSD *500*2# lalu klik Panggil.
  4. Akan muncul menu dan sobat pilih angka 1 klik OK.
  5. Selanjutnya masukan nomor ponsel penerima transfer kuota.
  6. Masukan juga jumlah kuota yang ingin ditansfer.
  7. Klik Setuju untuk memulai transfer dan tunggu hingga proses pengiriman selesai.
Baca Juga:  Cara Menyimpan Daging Kurban Tanpa/Di Kulkas Agar Tetep Awet & Segar

Sukses, dan kini kuota internet sudah masuk secara otomatis ke nomor penerima dengan jumlah sesuai dengan yang sobat masukan.

2. Cara Berbagi Kuota Telkomsel Dengan SMS

Cara yang kedua untuk melakukan transfer yaitu dengan menggunakan SMS. Namun cara ini harus menggunakan format yang sudah ditentukan dan tidak boleh salah. Langsung saja, caranya adalah sebagai berikut:

  1. Untuk format yang harus sobat gunakan yaitu TRF [spasi] jumlah kuota [spasi] nomor tujuan.
  2. Jika sudah mengetahui formatnya silahkan sobat buka ponsel dan masuk menu SMS.
  3. Ketik TRF 100 081382221471 kemudian kirim ke nomor 363.
  4. Tunggu hingga SMS terkirim dan kuota akan segera masuk ke nomor tujuan.

Penjelasan: Angka seratus pertama merupakan angka kuota yang akan dirim yaitu 100 MB. Jika sobat ingin transfer 500 MB maka tulis dengan angka 500. Selanjutnya nomor dibelakang merupakan nomor ponsel penerima. Jadi misalkan kirim ulang formatnya seperti ini TRF 500 081382221471.

3. Cara Berbagi Kuota Telkomsel Dengan Aplikasi myTelkomsel

Cara yang ketiga untuk melakukan transfer kuota yaitu menggunakan aplikasi resmi myTelkomsel. Untuk aplikasi bisa sobat dapatkan pada Google Play Store. Caranya juga tidaklah sulit, bahkan menggunakan aplikasi menjadi lebih simple dan mudah.

  1. Jika belum memiliki aplikasinya bisa download telebih dahulu pada Play Store.
  2. Setelah sudah terinstall, silahkan buka aplikasi myTelkomsel dan login dengan akun milik kalian.
  3. Selanjutnya pilih menu Beri Hadiah.
  4. Kemudian pilih opsi menu Transfer Kuota.
  5. Silahkan masukan nomor penerima kuota dengan benar dan jangan sampai salah.
  6. Jangan lupa masukan jumlah kuota yang ingin dikirim.
  7. Klik Kirim dan tunggu proses transfer sedang berlangsung.

Gimana sob, mudah bukan! Dengan mengikuti langkah-langkah pengiriman seperti diatas kini kuota internet sudah berhasil dibagikan kepada teman yang memang sedang kehabisan kuota. Namun sobat harus ingat bahwa masa aktif yang berlaku hanya 3 hari saja. Jadi pastikan harus segera isi ulang kuota internet sebelum masa aktif habis.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Tags

Artikel Terkait