Hari Anti Narkotika Internasional di Sidoarjo

Deklarasi Anti Narkoba, Cak Nur Minta Ketegasan Pemerintah, BNN dan Polisi

Cak Nur bersama sejumlah pegiat antinatkoba penerima penghargaan saat memperingati HANI 2019 di lapangan parkir timur GOR Delta, Sidoarjo. (Wachid Yulianto/Akuratnews.com)

Sidoarjo, Akuratnews.com - Upaya memberantas peredaran dan penggunaan narkoba, terutama di kalangan generasi muda harus terus dilakukan. Hal itu disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Sidoarjo, H. Nur Ahmad Syaifuddin saat mengapresiasi Deklarasi Anti Narkoba di Sidoarjo.

Deklarasi itu dihadiri Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Jatim, Brigjen Pol Bambang Priyambodo, Kepala BNN Sidoarjo, AKBP Toni Sugianto dan jajaran Forkopimda, Kepala OPD di lingkungan Pemkab Sidoarjo, Duta Antinarkoba serta komunitas pegiat antinarkoba di Sidoarjo saat memperingati Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) yang digelar di lapangan parkir timur GOR Delta Sidoarjo, Minggu (30/6/2019).

"Maka itu, dipandang perlu ketegasan pemerintah, terutama BNN dan aparat kepolisian dalam pemberantasan narkoba. Jatuhkan hukuman seberat - beratnya bagi pengedar dan bandar narkoba," tandas Cak Nur, sapaan akrab Wabup Nur Ahmad Syaifuddin ini.

Sebelumnya, Kepala BNN Sidoarjo, AKBP Toni Sugianto mengungkapkan, peringatan HANI ini bertujuan untuk mengingatkan masyarakat agar menjauhi dan melawan penyalahgunaan serta peredaran narkoba.

"Mengajak generasi milenial berkomitmen jadi generasi bersih dan menyatakan perang terhadap narkoba serta menggalakkan semangat antinarkoba di lingkungan Pemkab dan di tengah masyarakat Sidoarjo," jelasnya.

Hal senada juga dikemukakan Kepala BNN Jatim, Brigjen Pol Bambang Prihambodo, Indonesia harus menyatakan perang terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, karena jika tidak ditangani bersama secara serius, akan merusak tatanan sosial dan ketahanan masyarakat.

”Generasi muda adalah penggerak pembangunan mewujudkan Indonesia sejahtera. Mereka harus dilibatkan dalam kampanye pencegahan serta pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika. Mengingat, generasi milenial ini kesehariannya selalu menggunakan teknologi," katanya.

Penggunaan teknologi tersebut, sambung Bambang, generasi milenial dengan mudah menyebarluaskan informasi berkaitan penanggulangan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika di masyarakat. Selaras dengan tema nasional peringatan HANI 2019, yakni "Milenial Sehat Tanpa Narkoba, Menuju Indonesia Emas".

“Untuk menghadapi ancaman kejahatan narkotika dibutuhkan komitmen, semangat dan tekad yang kuat. Memerangi narkoba sampai tuntas prioritas pemerintah bersama masyarakat," tegasnya.

Usai deklarasi, acara dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan bagi pegiat antinarkoba, dan berakhir, penandatanganan kain putih bertuliskan "stop narkoba" oleh masyarakat yang hadir dalam kegiatan ini. (*)

Baca Juga