Diguyur Hujan Deras, Banjir Genangi Sejumlah Titik di Jember

Jember, Akuratnews.com -Genangan air banjir akibat hujan intensitas tinggi terpantau di sejumlah ruas jalan utama di kawasan kampus Jalan Jawa, Gebang hingga jalan Hayam Wuruk, Kecamatan Kaliwates, dengan ketinggian sekitar setengah meter atau di bawah lutut orang dewasa.

Hujan lebat yang mengguyur terjadi dalam sepekan terakhir, disampingnya itu tempat penampungan pembuangan aliran sungai yang disediakan juga tidak mampu, akibatnya air yang tertahan itu meluber ke jalan raya dan sebagian diantaranya meluber ke pemukiman dan pertokoan.

Dwi Sanjaya (50), salah seorang pemilik toko mengatakan, permukaan air di titik tersebut berangsur-angsur menggenang setinggi seukuran lutut orang dewasa. Hal ini akhirnya membuat aktivitas masyarakat akhirnya terganggu. Tak terkecuali para pengguna jalan atau pejalan kaki yang berlalu lalang di wilayah tersebut.

"Banjir kali ini setinggi lutut orang dewasa dan disini kerap menjadi langganan setiap kali intensitas hujan tinggi. Juga tidak sedikit para pengguna jalan dengan sepeda motor banyak yang macet," kata Dwi Sanjaya yang tokonya berada tepat dilokasi banjir atau persis didepan kantor Kecamatan Kaliwates, Senin (6/4).

Dia menambahkan, banjir tersebut memang cukup cepat surut. Bahkan, hanya dalam beberapa jam banjir yang melanda sudah tidak tergenang lagi. Genangan air yang sempat melanda beberapa ruas jalan utama kota itu diketahui dengan cepat surut tidak lama setelah hujan reda. Namun, baginya hal itu tetap saja mengganggu.

"Memang banjir disini tidak lama, itu kalau hujannya cepat reda tapi kalau hujannya terus ya banjirnya lama surutnya. Setiap turun hujan yang agak deras disini pasti banjir dan anehnya ini terjadi di depan kantor kecamatan, tentunya pak camatnya tau, yang heran ini terjadi sudah lama sekali tetapi sampai hari ini kok tidak ada solusinya," jelas Dwi.

Genangan mulai terjadi pada pukul 14.30 WIB, dan hingga berita ini ditulis situasi genangan air masih terjadi dan pihak terkait tidak ada yang melihat ke lokasi hanya ada dari BPBD yang secara langsung melihat di lokasi banjir.

Penulis: Abdus Syukur

Baca Juga