7 Doa untuk Orang Sakit dengan Berbagai Kondisi dan Terjemahannya

Makin Rajin

7 Doa untuk Orang Sakit dengan Berbagai Kondisi dan Terjemahannya

Sakit adalah suatu hal yang tidak bisa kita prediksi karena bisa datang kapan pun dan dalam keadaan apa pun. Jika ada orang yang sakit, maka Anda sangat dianjurkan untuk membaca doa. 

Doa tesebut dipercaya memiliki kekuatan yang mendalam, tidak hanya bagi yang sakit tetapi juga bagi mereka yang merasa tulus prihatin. Pada artikel berikut, kami akan menguraikan beberapa bacaan doa yang bisa Anda amalkan.

Macam-macam Bacaan Doa untuk Orang Sakit

Berikut ini beberapa doa untuk orang sakit yang bisa Anda amalkan dengan berbagai kondisi dan gender. 

1. Doa Agar Cepat Sembuh

Doa pertama yang bisa Anda ucapkan untuk orang yang sakit yaitu:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِى لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma rabban-nasi adzhibil-ba’sa isyfi antas-syaafi laa syifaa-a illa syifaauka syifaa-an laa yughaadiru saqama

Artinya: “Ya Allah, Tuhan seluruh manusia, hilangkanlah penyakit, sembuhkanlah, Engkau lah yang menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dari-Mu, yaitu kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit.”

2. Doa Orang Sakit Khusus Perempuan

Jika orang yang sakit adalah perempuan, baik itu teman, keluarga atau sahabat, maka Anda bisa mengamalkan doa berikut ini:

اللَّهُمَّ اشْفِ عَبْدَتَكَ يَا شَافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاؤُكَ شِفَاءٌ لَا يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma syafi ‘abdatika ya syafi la syifa-a illa syifa-uka syifa-an la yughadiru saqaman

Artinya: “Ya Allah, sembuhkanlah hamba-Mu ini (untuk perempuan). Wahai Yang Maha Penyembuh, tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, sembuhkanlah ia sehingga tidak ada penyakit yang tersisa.”

Baca Juga:  Doa Nisfu Sya’ban serta Berbagai Amalan dan Keutamaannya

3. Doa untuk Orang Sakit Khusus Laki-Laki

Sedangka apabila orang yang sakit adalah kerabat laki-laki, maka Anda bisa membaca doa berikut ini:

أَسْأَلُ اللَّهَ الْعَظِيمَ رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

As-alu Allah al-‘azhima rabb al-‘arshi al-‘azhimi an yashfiyak

Artinya: “Aku memohon kepada Allah Yang Maha Agung, Tuhan Pemilik ‘Arsy yang Agung, agar menyembuhkanmu (untuk laki-laki).”

4. Doa Ketika Orang Tua Sakit

Apabila yang sakit adalah orang tua, maka sebaiknya Anda membacakan doa berikut ini:

اللَّهُمَّ اشْفِ أَبَا وَأُمَّتِي مِنَ الدَّاءِ وَقِهِمَا مَكْرُوهَ الْأَلَمِ وَرَفِقْ بِهِمَا فِي الْعَافِيَةِ

Allahumma ashfi aba wa ummati minad daai wa qihima makruhal alami wa rafiq bihimaa fil ‘aafiyati

Artinya: “Ya Allah, sembuhkanlah ayah dan ibu kami dari penyakit, hindarkanlah mereka dari kesakitan yang tidak disukai. Dan berilah kelembutan pada mereka dalam keadaan sehat.”

Namun, jika Anda merasa doa tersebut terlalu panjang, maka Anda bisa membacakan doa berikut ini:

رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

Rabbi irhamhuma kama rabbayani shaghiraa

Artinya: “Ya Tuhanku, kasihanilah mereka (kedua orang tua) sebagaimana mereka (telah) mendidikku di waktu kecil.”

5. Doa untuk Kesembuhan Pasangan

Bagi Anda yang memiliki pasangan, baik itu suami ataupun istri, Anda bisa mengamalkan doa untuk orang sakit berikut ini:

اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا

Allāhummasyfi Sa’dan, Allāhummasyfi Sa’dan, Allāhummasyfi Sa’dan

Artinya: “Tuhanku, beri kesembuhan Sa’ad. Tuhanku, beri kesembuhan Sa’ad Tuhanku, beri kesembuhan Sa’ad.”

Adapun dalam doa tersebut, Anda bisa mengganti kata Sa’dan dengan nama pasangan Anda yang sakit. Selain itu, doa tersebut juga tidak hanya sebatas untuk pasangan, tetapi bisa juga Anda amalkan untuk teman atau kerabat lainnya. Anda juga bisa mengamalkan doa berikut ini:

Baca Juga:  Doa Agar Haid Cepat Keluar dan Tips Supaya Haid Anda Lancar

شَفَى اللهُ سَقَمَكَ، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَعَافَاكَ فِي دِيْنِكَ وَجِسْمِكَ إِلَى مُدَّةِ أَجَلِكَ

Syafākallāhu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘āfāka fī dīnika wa jismika ilā muddati ajalika

Artinya: “Wahai (sebut nama pasangan yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia.”

6. Doa untuk Menghilangkan Rasa Sakit

Ada cukup banyak jenis penyakit yang menyerang manusia, salah satunya akan menimbulkan efek sakit dan nyeri pada penderitanya. Untuk itulah, berikut ini doa untuk menghilangkan rasa sakit yang bisa Anda amalkan:

بِسْمِ اللهِ تُرْبَةُ أَرْضِنَا بِرِيقَةِ بَعْضِنَا يُشْفَى سَقِيمُنَا بِإِذْنِ رَبِّنَا

Bismillahi turbatu ardina bariqati ba’dina yusyfa saqimuna bi-idzni rabbina

Artinya: “Dengan nama Allah, tanah (debu) negeri kami, dengan beberapa air (liur), semoga orang sakit kami disembuhkan dengan izin Tuhan kami.”

Anda juga bisa mengucapkan doa lainnya yang hampir sama dengan doa sebelumnya. Ini hanya sebagai opsional saja untuk Anda pilih. Adapun doanya adalah sebagai berikut:

بِسْمِ اللهِ أَعُوْذُ بِاللهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

Bismillah A’udzu billahi wa qudratihi min syarri ma ajidu wa uhadziru

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, aku berlindung kepada Allah dan kekuasaan-Nya dari keburukan yang aku rasakan dan yang aku waspadai.”

Untuk cara pengamalannya pun cukup mudah karena Anda hanya perlu meletakkan tangan di bagian tubuh orang yang merasa sakit. Kemudian, bacakan doa tersebut sebanyak 3 kali sambil mengusap tubuh orang yang sakit. Namun, sebaiknya Anda pastikan juga diri Anda dalam keadaan bersih dan suci saat membacanya.

7. Doa untuk Meningkatkan Kekuatan Tubuh

Sakit bisa muncul karena kekebalan atau kekuatan tubuh yang rendah. Untuk itulah Anda perlu meningkatkannya dengan cara makan yang baik, olahraga, dan membaca doa. 

Baca Juga:  Doa I'tidal: Bacaan Salat Lengkap dengan Lafadz Arab dan Terjemahnya

Doa untuk orang sakit ini berperan sebagai wadah untuk memohon perlindungan dan pertolongan kepada Allah SWT untuk selalu bisa diberikan kekuatan, kesehatan dan semangat untuk menjalani kehidupan setiap harinya. Adapun doa tersebut yaitu:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبَرَصِ وَالْجُنُونِ وَالْجُذَامِ وَمِنْ سَيِّئِ الأَسْقَامِ

Allahumma inni a’udzu bika minal-barasi wal-jununi wal-judzaami wa min sayyil-asqaami

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari penyakit vitiligo, gila, kusta, dan dari segala penyakit yang buruk.”

Namun, jika Anda ingin melafalkan doa yang lainnya, maka Anda bisa coba amalkan doa di bawah ini. Doanya hampir sama, namun dosa sebelumnya tentu saja lebih spesifik. Walau begitu, doa berikutnya cocok untuk Anda yang memiliki penyakit umum:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ، اللَّهُمَّ إِنِّىْ أَسْئَلُكَ الْعَافِيَةَ وَالْمُعَافَةَ وَالْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

Bismillahirrahmanirrahim, Allahumma inni as’aluka al-‘afiyata wal-mu’afata wal-‘afiyata fid-dunya wal-akhirah

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kesehatan dan keselamatan serta kesehatan di dunia dan akhirat.”

JIka Anda ingin mengamalkan doa tersebut, Anda bisa lakukan dengan membacakan doa tersebut di depan orang sakit. Baik di depannya secara langsung atau dengan mengusap badannya dengan harapan bantuan Allah SWT untuk mengobati penyakitnya. 

Sudah Tahu Doa untuk Orang Sakit?

Itulah 7 doa yang bisa Anda amalkan khusus untuk orang yang sedang sakit. Dari ketujuh doa tersebut, Anda bisa pilih sendiri untuk membaca doa yang mana. Semakin spesifik doa yang Anda amalkan, biasanya akan semakin baik. 

Namun, penting untuk Anda catat bahwa doa saja tidak akan cukup untuk mengobati penyakit. Untuk itulah sebaiknya Anda juga ikhtiar dengan meminum obat secara teratur, makan makanan yang sehat, olahraga yang teratur maupun tidur yang cukup. Semoga bermanfaat!

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Artikel Terkait