Sholawat Munjiyat: Pengertian, Bacaan, dan Keutamaannya

Makin Rajin

sholawat munjiyat

Sholawat merupakan salah satu amalan yang memiliki banyak manfaat untuk siapa pun yang mengamalkannya. Salah satu jenis sholawat yang bisa Anda amalkan adalah sholawat munjiyat. Pada artikel berikut, kami akan menguraikan pengertian, bacaan, keutamaan, hingga cara mengamalkan sholawat ini. 

Apa Itu Sholawat Munjiyat?

Sholawat munjiyat memiliki arti sebagai “sholawat penyelamat” atau “sholawat yang membawa keselamatan”. Sehingga, jika Anda mengamalkannya, maka Anda akan selamat dari segala jenis musibah yang akan menimpa Anda. 

Bahkan, Anda juga akan mendapatkan jalan keluar dari masalah yang sedang Anda hadapi. Walaupun begitu, secara umum sholawat ini adalah bentuk doa dan pujian serta sebagai bentuk rasa cinta Anda untuk Rasulullah SAW. 

Dalam mengamalkan sholawat ini, Allah SWT telah berfirman dalam Al-Quran Surah Al-Ahzab ayat 56 yang mana bunyinya adalah:

إِنَّ اللهَ وَمَلائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Innallāha wa malā`ikatahụ yuṣallụna ‘alan-nabiyy, yā ayyuhallażīna āmanụ ṣallụ ‘alaihi wa sallimụ taslīmā

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.” (QS. Al-Ahzab ayat 56)

Bacaan Sholawat Munjiyat

Adapun bacaan sholawat munjiyat lengkap dengan bahasa latin dan artinya adalah sebagai berikut:

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلاَةً تُنْجِيْنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ الْأَهْوَالِ وَالْاٰفَاتِ وَتَقْضِيْ لَنَا بِهَا جَمِيعَ الْحَاجَاتِ وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَيِّئَاتِ وَتَرْفَعُنَا بِهَا عِنْدَكَ أَعْلَى الدَّرَجَاتِ وَتُبَلِّغُنَا بِهَـــا أَقْصَى الْغَايَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَـــاتِ

Baca Juga:  Niat Sholat Jumat Ramadhan Lengkap Arab, Latin Dan Artinya

Allâhumma shalli ‘alâ Sayyidinâ Muhammadin wa ‘alâ âli Sayyidinâ Muhammadin shalâtan tunjînâ bihâ min jamî’il ahwâli wal âfât wa taqdhî lanâ bihâ jamî’al hâjat wa tuthahhirunâ bihâ min jamî’is sayyiât wa tarfa’unâ bihâ ‘indaka a’lad darajât wa tuballighunâ bihâ aqshal ghâyat min jamî’il khairâti fil hayâti wa ba’dal mamât

Artinya: 

“Ya Allah limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad. Dengan sholawat itu, Engkau akan menyelamatkan kami dari semua keadaan yang menakutkan dan dari semua cobaan. Dan dengan sholawat itu, Engkau akan mengabulkan hajat kami.

Dengan sholawat itu, Engkau akan menyucikan kami dari segala keburukan. Dengan sholawat itu, Engkau akan mengangkat kami ke derajat paling tinggi. Dan dengan sholawat itu pula, Engkau akan menyampaikan kami kepada tujuan yang paling sempurna dalam semua kebaikan, ketika hidup dan setelah mati.”

Keutamaan Membaca Sholawat Munjiyat

Berikut ini beberapa keutamaan jika Anda mengamalkan sholawat munjiyat:

1. Keinginan Cepat Terkabul

Jika Anda ingin hajat cepat terkabul, maka Anda bisa mengamalkan sholawat ini. Anda bisa membacanya sebanyak 500 kali dalam sehari atau lebih, tergantung dari kemampuan Anda. 

Namun dalam mengamalkannya, sebaiknya Anda niatkan benar-benar karena Allah SWT. Adapun dengan izin Allah SWT, hajat Anda, baik itu untuk memperoleh keturunan maupun kekayaan ataupun sejenisnya, insyaAllah bisa terkabul. 

Apalagi jika saat ini Anda memiliki suatu hajat besar untuk Anda gapai. Maka perbanyaklah membaca sholawat ini agar Anda diberi kemudahan dalam menggapai hajat tersebut. 

2. Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Keutamaan mengamalkan sholawat munjiyat berikutnya adalah bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT. Kedekatan tersebut dapat berupa hubungan spiritual yang erat dengan Sang Pencipta karena memang setiap bacaan shalawat memiliki arti yang baik yang bertujuan untuk memohon kepada Allah SWT. 

Baca Juga:  Sholawat Asyghil: Sejarah, Lafal, Arti, dan Keutamaannya

Tidak hanya itu, mengamalkan sholawat ini juga bisa membantu Anda dalam meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT. Hal ini karena dengan hanya membaca sholawat ini, Anda pasti akan selalu mengingat-Nya

Apalagi jika Anda merenungkan arti dan pesan dari sholawat yang Anda baca. Maka bisa dipastikan hati dan pikiran Anda akan dipenuhi dengan kekuatan spiritual yang memperdalam hubungan dengan Sang Maha Kuasa.

3. Memohon Perlindungan dan Keselamatan

Dalam gempuran tingkat kejahatan yang terus meningkat, maka memohon perlindungan dan keselamatan kepada Allah SWT mutlak Anda butuhkan. Salah satu langkah untuk memohon perlindungan kepada Allah SWT adalah dengan mengamalkan sholawat munjiyat. 

Dalam hal ini, Anda bisa mengamalkan sholawat sebanyak yang Anda bisa. Niatkan setiap sholawat yang Anda baca karena Allah SWT untuk kemudian mendapatkan perlindungan dan keselamatan dari-Nya. 

4. Memuliakan Nama Nabi Muhammad SAW

Mengamalkan sholawat munjiyat merupakan salah satu bentuk memuliakan Nabi Muhammad SAW. Terutama pada bacaan pertama yang memang berisi tentang permintaan kepada Allah SWT untuk selalu melimpahkan rahmat kepada Nabi Muhammad SAW. 

Selain itu, sholawat ini juga menjadi ungkapan rasa cinta dan kasih sayang Anda kepada Rasulullah SAW. Secara tidak langsung, sholawat ini juga menjadi salah satu jalan untuk mendapatkan syafaat Nabi Muhammad SAW di hari pembalasan nanti.  

Cara Mengamalkan Sholawat Munjiyat

Pada dasarnya, sholawat munjiyat bisa Anda baca kapan saja dan di mana saja, bahkan saat sendiri ataupun berjamaah. Selain itu, tidak ada jumlah batasan bacaan dalam mengamalkan sholawat ini. Namun, ada beberapa waktu terbaik untuk mengamalkan shalawat, antara lain:

  1. Setelah sholat fardhu seperti subuh, dzuhur, ashar, magrib dan isya.
  2. Setelah sholat sunnah, baik itu tahajjud, dhuha, rawatib, dan sebagainya.
  3. Pada malam Jumat, baik itu setelah selesai sholat maupun mengaji. 
  4. Malam Nisfu Sya’ban, yang mana merupakan malam yang sangat dianjurkan untuk memperbanyak ibadah.
  5. Pada malam Lailatul Qadar yang bisa Anda terapkan pada 10 malam terakhir di bulan Ramadhan.
  6. Saat sedang menghadapi kesulitan atau bahaya, baik itu secara langsung dan tidak langsung, ataupun bahaya fisik dan bukan fisik. 
  7. Ketika sedang berhajat atau memohon sesuatu kepada Allah SWT, terutama jika Anda merasa itu mustahil untuk Anda dapatkan. 
  8. Saat sedang sakit atau mengunjungi orang sakit, baik itu sakit berat atau ringan agar penyakit itu Allah SWT angkat melalui doa dalam setiap sholawat. 
  9. Ketika sedang berada di tempat suci atau ziarah, terutama ziarah ke makam Rasulullah SAW.
  10. Ketika sedang berada di atas kendaraan atau perjalanan, sebagai bentuk doa agar bisa selamat sampai tujuan. 
Baca Juga:  Kumpulan Doa Selamat Dunia Akhirat Lengkap Beserta Artinya

Anda bisa mengamalkan sholawat munjiyat pada waktu-waktu tersebut dengan catatan bahwa Anda niatkan ikhlas dan penuh rasa cinta kepada Rasulullah SAW. Serta dengan harapan rahmat dan pertolongan dari Allah SWT. 

Sudah Tahu Apa Itu Sholawat Munjiyat?

Membaca sholawat munjiyat merupakan salah satu bentuk ikhtiar kita agar Allah SWT selalu menjaga kita dari berbagai musibah dan dimudahkan segala urusan. Selain itu, membaca sholawat ini juga mencerminkan bentuk cinta kepada Rasulullah SAW agar bisa bertemu dan berkumpul dengan beliau di hari akhir. 

Dalam mengamalkan sholawat ini, alangkah lebih baik jika Anda mengamalkannya setiap hari dengan jumlah sesuai dengan kemampuan. Niatkan setiap sholawat yang Anda baca karena Allah SWT agar lebih berkah dan semakin dekat dengan Allah SWT dan Rasulullah SAW. 

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Artikel Terkait