4 Doa Pelunas Hutang dalam Islam Terlengkap dengan Artinya

Makin Rajin

Doa Pelunas Hutang

Hutang adalah hal yang sangat dihindari oleh banyak orang. Namun, terkadang beberapa orang tidak punya pilihan untuk berhutang terutama saat ekonomi sedang sulit. Untuk itulah, bagi Anda yang saat ini sedang terlilit hutang, bisa coba amalkan doa pelunas hutang berikut ini. 

Doa Pelunas Hutang

Berikut ini beberapa doa pelunas hutang yang bisa Anda amalkan untuk setidaknya meringankan beban hutang Anda:

1. Doa Riwayat Muslim

Untuk melunasi hutang, Islam sangat menganjurkan kita untuk bekerja keras. Namun tidak hanya itu, doa juga perlu agar proses pelunasan hutang bisa segera selesai. Berikut ini doa pelunas hutang dari riwayat Muslim yang bisa Anda amalkan:

اَللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَاوَاتِ السَّبْعِ وَرَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ، رَبَّنَا وَرَبَّ كُلِّ شَيْءٍ، فَالِقَ الْحَبِّ وَالنَّوَى، وَمُنْزِلَ التَّوْرَاةِ وَاْلإِنْجِيْلِ وَالْفُرْقَانِ، أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ كُلِّ شَيْءٍ أَنْتَ آخِذٌ بِنَاصِيَتِهِ. اَللَّهُمَّ أَنْتَ اْلأَوَّلُ فَلَيْسَ قَبْلَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ اْلآخِرُ فَلَيْسَ بَعْدَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الظَّاهِرُ فَلَيْسَ فَوْقَكَ شَيْءٌ، وَأَنْتَ الْبَاطِنُ فَلَيْسَ دُوْنَكَ شَيْءٌ، اِقْضِ عَنَّا الدَّيْنَ وَأَغْنِنَا مِنَ الْفَقْرِ

Allahumma robbas-samaawaatis sab’i wa robbal ‘arsyil ‘azhiim, robbanaa wa robba kulli syai-in, faaliqol habbi wan-nawaa wa munzilat-tawrooti wal injiil wal furqoon. A’udzu bika min syarri kulli syai-in anta aakhidzum binaa-shiyatih

Allahumma antal awwalu falaysa qoblaka syai-un wa antal aakhiru falaysa ba’daka syai-un. Wa antazh zhoohiru fa laysa fawqoka syai-un, wa antal baathinu falaysa duunaka syai-un, iqdhi ‘annad-dainaa wa aghninaa minal faqri.

Artinya: “Ya Allah, Rabb yang menguasai langit yang tujuh, Rabb yang menguasai ‘Arsy yang agung, Rabb kami dan Rabb segala sesuatu. Rabb yang membelah butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah, Rabb yang menurunkan kitab Taurat, Injil dan Furqan (Al-Qur’an).

Baca Juga:  Niat Puasa Senin Kamis, Keutamaan Beserta Tata Caranya

Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan segala sesuatu yang Engkau memegang ubun-ubunnya (semua makhluk atas kuasa Allah). Ya Allah, Engkau-lah yang awal, sebelum-Mu tidak ada sesuatu.

Engkaulah yang terakhir, setelah-Mu tidak ada sesuatu. Engkau-lah yang lahir, tidak ada sesuatu di atasMu. Engkau-lah yang Batin, tidak ada sesuatu yang luput dari-Mu. Lunasilah hutang kami dan berilah kami kekayaan (kecukupan) hingga terlepas dari kefakiran.” (HR. Muslim no. 2713)

2. Doa Berdasarkan Riwayat Abu Dawud

Doa pelunas hutang berikutnya yang bisa Anda amalkan yaitu berdasarkan riwayat dari Abu Dawud. Adapun bunyi doanya adalah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Allahumma inni audzubika minal hammi wal hazani wa ‘audzubika minal ‘ajzi wal kasali wa audzubika minal jubni wal bukhli wa audzubika min ghalabatid daini wa qahrir rijali.

Artinya: “Ya Allah, saya berlindung kepada-Mu dari kekhawatiran dan kesedihan dan saya berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan. Dan saya berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut dan kikir. 

Saya berlindung kepada-Mu dari keutamaan agama dan menaklukkan orang-orang berkata Saya dapat melakukannya, Tuhan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mulia, dan telah melunasi hutangku kepadaku.” (HR. Dawud)

3. Doa Agar Bisa Melunasi Hutang

Doa yang bisa Anda amalkan untuk bisa melunasi hutang dengan mudah yaitu:

اللَّهُمَّ اكْفِنِي بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِي بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahumma ikfini bihalalika ‘an haramika wa aghnini bifadlika ‘amman siwaka.

Artinya: “Ya Allâh, cukupilah aku dengan rezeki-Mu yang halal (hingga aku selamat) dari yang haram. Cukupilah aku dengan karunia-Mu (hingga aku tidak meminta) kepada selain-Mu. (HR. at-Tirmidzi).

Baca Juga:  Doa Penutup Majelis dan Hikmahnya bagi Seorang Muslim

4. Doa Agar Selalu Diberi Kecukupan

Doa pelunas hutang atau agar selalu cukup setiap harinya ini berbunyi:

اللَّهُمَّ مَالِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِي الْمُلْكَ مَنْ تَشَاءُ وَتَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاءُ وَتُعِزُّ مَنْ تَشَاءُ وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاءُ ۖ بِيَدِكَ الْخَيْرُ ۖ إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ رَحْمَنَ الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ وَرَحِيْمَهُمَا تُعْطِي مَنْ تَشَاءُ مِنْهُمَا وَتَمْنَعُ مَنْ تَشَاءُ, اِرْحَمْنِي رَحْمَةً تُغْنِيْنِي بِهَا عَنْ رَحْمَةِ مَنْ سِوَاكَ

Allahumma Malikal mulki tu’til mulka man tasya’ wa tanzi’ul mulka mimman tasya’ wa tu’izzu man tasya’ wa tudzillu man tasya’ biyadikal khair, innaka ‘ala kulli syain qadir, Rahmanad Dunya wal Akhirati wa Rahimuha tu’thihuma man tasya’ wa tamna’u man tasya irhamni rahmatan tughnini biha ‘an rahmati man siwaka

Artinya: “Ya Allah, Engkau pemilik kerajaan. Hargai siapa pun yang Kau kehendaki dan hina siapa pun yang Kau kehendaki, di tangan-Mu kebaikan karena Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. Yang Maha Penyayang di dunia dan di akhirat, dan Yang Maha Penyayang di antara mereka. 

Engkau memberikannya kepada siapa pun yang Engkau kehendaki dan mencegahnya dari siapa pun yang Engkau kehendaki. Kasihanilah aku dengan rahmat yang cukup kepada saya, Tak ada yang dapat memberi rahmat selain Engkau ya Allah.” (HR At Thabrani)”

Amalan Pelunas Hutang

Tidak hanya doa, tetapi Anda juga bisa melakukan amalan pelunas hutang berikut ini:

1. Sholat Malam

Sholat malam merupakan suatu ibadah sunnah yang tidak hanya membuahkan pahala, namun juga bisa sebagai salah satu jalan untuk bermuhasabah kepada Allah SWT. Melalui muhasabah inilah nantinya Anda bisa memohon doa untuk diperlancar dalam proses pelunasan hutang. 

2. Sholat Hajat

Untuk melunasi hutang, Anda juga bisa melakukan sholat hajat sebagai salah satu jalan untuk memohon doa kepada Allah SWT. Sholat ini akan lebih baik jika Anda melakukannya di sepertiga malam dengan jumlah rakaat mulai dari 2 hingga 12. 

Baca Juga:  Doa Tahiyat Akhir: Pesan Spiritual di Balik Setiap Kata

3. Memperbanyak Dzikir

Salah satu faktor yang memungkinkan hutang Anda tidak kunjung lunas atau rezeki Anda kurang adalah dosa. Untuk itulah, Anda sangat dianjurkan untuk berdzikir dan memohon ampun pada Allah SWT terutama memperbanyak istighfar. 

Dalam hal ini Anda bisa mengamalkan dzikir sehabis sholat atau sebelum tidur. Untuk jumlahnya Anda bisa sesuaikan sendiri sesuai kepercayaan. Namun, lebih banyak tentunya akan jauh lebih baik. 

4. Sholat Dhuha 

Sholat dhuha merupakan salah satu amalan yang bisa memperlancar rezeki Anda. Rezeki yang lancar tentu saja akan mempermudah Anda dalam melunasi hutang tersebut. 

Hal ini berdasarkan sebuah hadis riwayat HR. Ahmad yang mana mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa: “Allah ‘Azza wa Jalla berfirman bahwa Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya Aku cukupkan untukmu di sepanjang hari itu.” (HR. Ahmad)

Sudah Tahu Bacaan Doa Pelunas Hutang yang Benar?

Dari 4 doa dan amalan pelunas hutang tersebut, Anda bisa coba lakukan semuanya. Hal ini karena semakin banyak doa dan amalan yang Anda lakukan, maka semakin besar kemungkinan hutang Anda akan lunas. 

Meskipun doa bukanlah jalan pintas untuk melunasi hutang, namun keyakinan yang tulus dan niat baik dalam mengamalkannya dapat membawa perubahan positif dalam pandangan terhadap masalah finansial. Tentunya Anda juga harus menyeimbanginya dengan usaha agar doa tersebut cepat terkabul. 

Ini penting sekali, karena berdoa saja tanpa kerja keras akan sia-sia. Semoga doa pelunas hutang senantiasa menginspirasi dan memberikan harapan dalam setiap langkah perjalanan kita menuju kesejahteraan. Aamiin.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Artikel Terkait