Dua Wakil Ketua DPR RI Temui Massa Pengemudi Ojek Online

Massa demonstran pengemudi ojek online di depan gedung DPR, Senayan, Jumat (28/2/2020). Foto: Edi Suroso/Akuratnews.com
Massa demonstran pengemudi ojek online di depan gedung DPR, Senayan, Jumat (28/2/2020). Foto: Edi Suroso/Akuratnews.com

Jakarta, Akuratnews.com - Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel, menemui ribuan driver ojek online (Ojol) yang menggelar aksi demonstrasi di depan gedung dewan, Jl Gatot Soebroto, Senayan, Jakarta, Jumat (28/2/2020).

Para driver Ojol tersebut menuntut legalitas mereka sebagai angkutan publik diakui dalam revisi Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ).

Aksi kali juga dipicu pernyataan Wakil Ketua Komisi V Nurhayati Manoarfa, yang menyebut mayoritas fraksi di dewan menolak kendaraan roda dua dijadikan angkutan umum.

Rachmat Gobel mengatakan akan memperjuangkan aspirasi para pengemudi Online. "Saat ini anggota DPRRI belum bisa menemukan rekan-rekan pengemudi ojek online, karena hari ini para anggota dewan sedang melakukan reses hari pertama." dalam orasinya di atas mobil Komando.

Selanjutnya Rachmat Gobel juga berjanji akan menemui para pengemudi online dengaan anggota dewan untuk berdiskusi, dalam pertemuan nanti dia berpesan agar membuat tim kecil.

"Buat tim kecil, berdiskusi membicarakan tuntutannya agar lebih produktif dan objektif nantinya" kata Rachmat.

Sementara itu, ditempat yang sama, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco saat berbicara di depan ribuan demonstran Ojol mengaku ingin mendengar aspirasi mereka. Sebab, unjuk rasa tersebut merupakan bagian dari demokrasi.

"Kami bertiga menyambut baik kawan-kawan sekalian. Masukan aspirasi dari kalian akan menjadi masukan. Kawan-kawan nanti membentuk tim kecil sehingga aspirasi ini bisa tertampung," kata Dasco. Saat itu juga hadir Anggota Fraksi Gerindra, Moreno Soeprapto.

Politikus Gerindra itu menyebutkan bahwa tim kecil itu secepatnya akan dibentuk setelah masa reses pertengahan Maret mendatang.

Sehingga, perwakilan pengemudi daring bisa mengadakan pertemuan-pertemuan dengan dewan untuk menyampaikan masukannya.

"Saya mau menerima aspirasi dari kawan-kawan sekalian, dan demo-demo seperti ini, hati-hati ada provokator. Kami datang untuk menerima kawan-kawan. Merdeka!" teriak Dasco.

Pantauan Akuratnews dilokasi, Massa pengunjuk rasa bubar meninggalkan depan gedung DPR RI setelah Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel menyampaikan orasinya.

Penulis: Edi Suroso

Baca Juga