Es Timun Suri, Menu Favorit untuk Takjil

Akuratnews.com - Jadi menu buka puasa yang wajib dan populer di Indonesia, olahan es timun suri paling pas disajikan sebagai menu berbuka puasa. Apalagi timun suri merupakan buah yang sangat populer saat bulan Ramadan tiba.

Timun suri sudah identik dengan bulan suci Ramadan, itu karena buahnya yang hanya muncul saat bulan Ramadan saja. Maka tak heran banyak orang yang bilang bahwa berbuka puasa kurang lengkap tanpa menyeruput es timun suri.

Timun suri itu dapat diolah menjadi kreasi es yang menyegarkan tenggorokan setelah seharian berpuasa. Biasanya saat Ramadan, timun suri banyak dijajakan di pasaran.

Selain untuk pelepas dahaga, es timun suri juga bagus untuk mengobati panas. Yuk, sajikan es timun suri untuk berbuka puasa bersama keluarga. Berikut resepnya dilansir dari Cookpad RatihAng.

Bahan-bahan:

- Timun Suri buang bijinya (sesuai selera)

- Es batu

- Sirup Cocopandan

- Secukupnya Chiasheed yang sudah direndam air panas

- 2 sendok makan susu kental manis

- Secukupnya air

Langkah:

Kupas dan kerok buah timun suri buang bijinya sisihkan.

Tambahkan sirup cocopandan, susu Skm, dan es batu beri secukupnya air aduk-aduk.

Sajikan jangan lupa tambahkan chiasheed cocok untuk menu takjil di rumah.

Manfaat Timun Suri untuk Kesehatan Tubuh

Walau nama buah ini menggunakan nama timun, tapi nyatanya timun suri salah satu anggota keluarga labu-labuan (Cucurbitaceae), masih satu keluarga dengan buah labu dan melon. Buah ini memuat beragam nutrisi seperti asam linoleat, vitamin A, vitami C, kalium, potasium, dan magnesium yang berkhasiat baik untuk tubuh.

Berikut di bawah ini, merupakan berbagai manfaat buah pelepas dahaga, yaitu timun yang jadi favorit banyak orang untuk berbuka puasa:

Mencegah Alzheimer

Manfaat timun suri salah satunya mengandung vitamin K, dalam jumlah tinggi (vitamin yang larut dalam lemak). Vitamin K ini sangat penting untuk meningkatkan massa tulang dan mengembangkan osteotropik pada persendian. Vitamin K ini juga dipahami sebagai obat untuk membatasi kerusakan neuronal di otak. Maka tidak lain, dengan mengonsumsi buah timun suri dalam takaran jumlah yang pas dapat membantu mencegah terserang penyakit Alzheimer.

Sebagai sumber antioksidan

Dikutip dari Mayo Clinic, timun suri mengandung beberapa zat antioksidan, termasuk vitamin C, beta karoten, flavonoid, triterpen dan lignan yang memiliki sifat anti-inflamasi. Nah, vitamin C juga terkenal akan manfaat sistem kekebalan tubuh, dan beta karoten terbukti bermanfaat bagi penglihatan mata.

Lalu, manfaat buah timun suri juga telah dinyatakan pada sebuah penelitian tahun 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Young Pharmacists. Isinya mengatakan, bahwa  tiap anggota buah yang berasal dari keluarga cucurbitaceae memiliki kemampuan untuk membasmi radikal bebas di tubuh. Seperti yang diketahui, radikal bebas dikaitkan dengan berbagai penyakit berbahaya bagi tubuh manusia dapat dicegah oleh zat antioksidan.

Membantu sistem pencernaan dan menghidrasi tubuh

Karena tekstur buah timun suri mengandung air dan serat yang melimpah, maka tak heran kalau buah ini juga baik untuk sistem pencernaan. Jika kita sering susah BAB, menderita maag, atau tukak lambung disarankan untuk mengonsumsi buah timun suri yang juga sering disebut “barteh” atau “dosakaya” pada masyarakat negara India.

Mengandung zat anti kanker

Buah yang punya nama lain timun betik ini, juga berfungsi menghambat pertumbuhan sel kanker maupun tumor. Menurut sebuah penelitian 2010 yang dipublikasikan di Scientific World Journal, para ilmuwan telah menemukan bahwa kandungan saponin dalam timun suri dapat membantu mengahalangi jalur sinyal yang penting untuk mencegah munculnya sel kanker dan kerusakan metabolisme tubuh.

(Muslimah Pelita Revowriter Majalengka)

Penulis: Tawati

Baca Juga