GreatDay HR Tutup Celah Risiko Pemalsuan Absensi Karyawan Dengan Teknologi Ini

AKURATNEWS - Di pertengahan 2022, GreatDay HR, aplikasi manajemen SDM pertama di Indonesia mengupgrade fitur attendance dengan menambahkan Face Matching System (FMS) dan Liveness Check.

Layanan Face Matching System dan Liveness Check ini bisa didapatkan dengan penambahan biaya sebesar Rp2.000/karyawan perbulan dari harga paket berlangganan aplikasi GreatDay HR. Face Matching System dan Liveness Check dikembangkan dengan tujuan untuk mengatasi permasalahan data absensi palsu karyawan di perusahaan. FMS mampu mendeteksi dan menghindari risiko pemalsuan, serta manipulasi data kehadiran dengan tingkat akurasi hingga 98 persen.

Dengan memanfaatkan layanan/provider SaaS dan AWS, sistem Face Matching mampu mendeteksi fitur wajah karyawan secara otomatis, stabil, dan cepat dengan pemindaian dan penyesuaian pengambilan foto terkini dengan base photo yang telah terdaftar dalam sistem.

Sedangkan sistem Liveness Check berfungsi untuk memastikan bahwa foto yang diambil pada saat rekam kehadiran adalah real-time.

Selain itu, Liveness Check mampu mendeteksi bahwa foto yang diambil berasal dari manusia hidup, bukan buatan atau yang tidak bernyawa, berdasarkan pindaian sifat biometriknya. FMS dan Liveness Check ini menjadi pelengkap sistem GPS Tracking yang telah lebih dulu dikembangkan di dalam fitur Attendance. GPS Tracking sendiri berfungsi untuk menjamin keakuratan absensi melalui koordinat lokasi di mana rekam kehadiran dilakukan.

Dengan dikembangkannya FMS, Liveness Check, dan GPS dalam fitur Attendance, GreatDay HR berhasil menutup celah risiko terjadinya pemalsuan absensi.

Founder dan CEO GreatDay HR, Gordon Enns menyatakan, terdapat lebih dari 80 persen absensi palsu karena nyatanya 90 persen pengisian absensi karyawan, terutama PNS, masih manual.

"Dengan dikembangkannya teknologi Face Matching di aplikasi GreatDay HR, diharapkan dapat mengurangi kasus absensi palsu dan tidak akan ada lagi celah untuk pemalsuan absensi," ujarnya.

GreatDay HR optimis bahwa penambahan sistem Face Matching dan Liveness Check ini dapat menjadi solusi dan pencegahan terjadinya manipulasi hingga pemalsuan data kehadiran yang telah banyak menimbulkan kerugian bagi perusahaan di Indonesia.

“GreatDay HR menambahkan sistem Face Matching dengan tujuan bukan hanya menutup celah pemalsuan, tapi juga meminimalisir kerugian perusahaan-perusahaan utamanya dalam hal finansial. Sebab, absensi salah satu unsur inti dalam perhitungan payroll,” tambah Gordon Enns.

Face Matching System ini sejalan dengan visi dan misi GreatDay HR sebagai "Software HR Aman dan Terpercaya” dan tujuan awal dirancangnya aplikasi mobile HRIS GreatDay HR, yaitu menjadi solusi pekerjaan HR, terutama absensi, dengan fitur Attendance yang dapat menjamin keamanan dan keaslian data kehadiran.

Gordon Enns juga menambahkan, Face Matching ini dirancang untuk mengawasi dan menjamin keaslian absensi karyawan. Sistem Liveness Check dan Face Matching menjamin bahwa absensi yang direkam adalah aktual dan akurat, tanpa adanya manipulasi.

Konsumen pun dapat menikmati teknologi Face Matching System dan Liveness Check di GreatDay HR dengan layanan/provider AWS yang memiliki stabilitas tinggi dan tingkat akurasi hingga 98 persen.

Namun, jika konsumen tidak ingin ada penambahan biaya, GreatDay HR juga menyediakan Face Matching System dan Liveness Check dengan layanan SaaS yang memiliki stabilitas dan tingkat akurasi 50% - 60% yang dapat diperoleh secara gratis.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga