Gunakan DAK dan DAU 2021, Pemkab Mulai Aspal Jalan di Muna

AKURATNEWS - Sebanyak lima titik jalan yang berada dibeberapa wilayah Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) pada tahun 2021, kini telah dilakukan pengaspalan oleh Pemerintah Kabupatennya.

Pengaspalan ini, mengefisienkan Dana Alokasi Khusus (DAK) reguler dan penugasan tahun 2021 dengan nilai mata anggaran sebesar Rp 20 Miliar.

Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Muna, Aswan Kuasa, kepada wartawan mengungkapkan bahwa saat ini lima jalan tersebut ada yang telah selesai dikerjakan dan ada yang sementara dikerjakan pengaspalannya.

"Ada beberapa yang sudah dikerjakan dan ada yang sementara dalam proses pengerjaan," Ucapnya.

Menurutnya, dalam proses pengerjaan pengaspalannya dari kelima wilayah di Muna itu menggunakan aspal jenis Hot Mix dengan jarak pengaspalan sepanjang 9 kilometer.

Dia juga mengatakan jika pengaspalan jalan di Muna selain sumber anggarannya menggunakan DAK, ada juga pengaspalan jalannya yang bersumber dari anggaran Dana Alokasi Umum (DAU) tahun 2021.

"Dikarenakan keterbatasan anggaran, maka untuk saat ini baru paket jalan Poros Wapunto-Waara, jalan Sejahtera Kelurahan Wamponiki, Kecamatan Katobu, serta jalan poros Liangkobori dan untuk pelaksaanaan paket proyek itu saat ini sementara proses penanda tanganan kontrak," Ungkapnya.

Dari beberapa paket proyek yang anggarannya bersumber dari DAU, memang ada sebagian yang sudah dilakukan lelang. Namun, paket proyek itu belum ada dananya dan sementara untuk paket paket proyek kecil itu sudah dilaksanakan, kata Aswan.

Selanjutnya 1 2
Penulis: Zainal Arifin

Baca Juga