Hari Raya Imlek, Berkah Pedagang Burung di Vihara Dharma Bhakti

Jakarta, Akuratnews.com - Tahun Baru Cina atau Hari Raya Imlek tidak hanya disambut meriah oleh para etnis Tionghoa tapi juga bagi para pedagang burung gereja yang berada di Vihara Dharma Bhakti, di Petak Sembilan, Taman Sari, Jakarta Barat.

Salah satunya ialah Nana (36) yang mendapatkan berkah pada hari Imlek dengan  menjual burung gereja. Dia mengatakan sudah 20 tahun menjual burung gereja setiap perayaan Imlek disana.

"Saya itu asli Cirebon. Datang kesini cuma beberapa hari aja, buat jualan burung gereja sama saudara saya semua. Lumayan untungnya, hitung saja satu burung saya jual Rp 1.300,-. Tapi kalau ambil banyak dijualnya Rp 1.000," ucap Nana di lokasi, Sabtu (28/1/17).

Ia mengatakan, burung-burung yang dijual ini langsung didatangkan dari Jawa Timur yang memang sudah disediakan sejak seminggu yang lalu.

"Jadi saya dapat dari Jawa Timur. Biasanya sudah seminggu saya persiapakan burungnya. Terus saya bawa kesini (Vihara Dharma Bhakti)," kata Nana.

Untuk diketahui, etnis Tionghoa memang punya kebiasaan untuk melepaskan hewan, bukan saja burung, bisa katak atau hewan lainnya. Ritual ini dikenal dengan sebutan Fangsheng.

Fangsheng merupakan ajaran Budha, yang menghargai sebuah kehidupan. Baik itu dengan cara tidak membunuh mahluk hidup dan memberikan cinta dan welas asih. (Fajar)

Penulis:

Baca Juga