Ini Dia Tujuh Prospek Kerja Alumni Sistem Informasi

AKURATNEWS - Jurusan Sistem Informasi (SI) menjadi jurusan yang cukup populer di Indonesia. Hal tersebut tidak bisa dipungkiri karena makin cepatnya kemajuan teknologi informasi yang cukup pesat.

Selain itu, jurusan Sistem Informasi punya banyak prospek kerja yang sangat menjanjikan bagi para lulusannya.

Sistem Informasi itu sendiri merupakan bidang ilmu yang mempelajari tentang cara membuat serta mengoperasikan perangkat lunak dan keras untuk berinteraksi dengan data.

Baca Juga: Muncul Klaster Industri, Luhut Minta Pengetatan dan Polisi Lakukan Hal Ini

Dalam jurusan Sistem Informasi tidak hanya belajar tentang ilmu komputer saja, tapi juga bisnis dan ekonomi manajemen.

Berikut ini tujuh prospek kerja jurusan sistem informasi yang cukup menjanjikan:

1. Data Analyst/Business Data Analyst
Tugas utama dari profesi ini adalah mengumpulkan data, setelah informasi di kumpulkan maka akan di lakukan pengklasifikasian atau pengorganisasian.

Seorang data analis akan menjadikan data yang sudah diolah menjadi informasi yang bermanfaat bagi perusahaan ataupun hal lainnya.

Baca Juga: Krisis Finansial di Saat PPKM Darurat? Berikut Tips Atur Anggaran Keuangan Agar Terhindar dari Hutanghut Minta Pengetatan dan Polisi Lakukan Hal Ini

2. Database Administrator
Database Administrator merupakan profesi yang tugas utamanya adalah merancang, mengimplementasikan, me-maintenance dan melakukan perbaikan pada database. Database Administrator juga biasanya melakukan pengembangan, desain, pemantauan dan peningkatan kinerja dari kepasitas database untuk kebutuhan di masa depan.

3. UI/UX Developer
User Interface (UI) Devoloper merupakan pekerjaan yang mirip dengan web designer. Perbedaanya jika web designer hanya mendesan web saja sedangkan UI Developer harus bisa mendesain tampilan aplikasi desktop, web, ataupun mobile.

4. Game Developer
Game developer tugas utamanya adalah mengembangkan sebuah game. Mereka juga turut mendesain dan merancang alur game. Di Indonesia sendiri sudah banyak startup di bidang game sebagai contohnya sebut saja Agate Studio dan Educa Studio.

5. Network Security
Network Security (Keamanan Jaringan) merupakan salah satu pekerjaan yang banyak dibutuhkan saat ini. Karena banyaknya implementasi teknologi komputer dan jaringan pada sebuah perusahaan untuk menunjang proses bisnisnya.

Dimulai dari skala yang kecil sampai dengan besar jaringan komputer akan selalu membutuhkan pengaturan baik segi hardware ataupun software.

6. E-Commerce System Developer
Bidang ini dapat dikatakan masih baru berkembang beberapa tahun belakang ini. Dari perkembangan yang sangat pesat ini membuat posisi E-Commerce System Developer sangat dibutuhkan dalam bisnis dan perusahaan.

Jurusan Sistem Informasi ada kaitannya dengan posisi ini karena seorang System Developer harus memahami tentang analisis sistem untuk dapat mengembangkan sistem yang sudah ada.

7. Programmer
Seseorang lulusan sistem informasi sebenarnya memang di siapkan menjadi seorang System Analyst. Tidak menutup kemungkinan menjadi seorang programmer juga bisa untuk lulusan sistem informasi. Pekerjaan programmer masih menjadi pekerjaan yang paling banyak di cari oleh perusahaan untuk membuat sebuah aplikasi. Sehingga memilih jurusan sistem informasi akan mudah masuk ke dunia programmer.

Itulah tujuh prospek kerja bagi yang memilih kuliah jurusan Sistem Informasi. Banyak sumber daya manusia di bidang Teknologi Informasi sehingga jurusan ini tidak pernah sepi akan peminatnya.

Salah satu rekomendasi kampus dengan Jurusan Sistem Informasinya yang sudah baik adalah Universitas BSI (Bina Sarana Informatika). Universitas BSI sudah banyak meluluskan lulusan sebagai praktisi IT.

Bahkan tak hanya itu, sejak masih mahasiswa selalu mendapat pembinaan pengembangan kompetensinya. Sudah banyak juga lulusannya yang sukses bekerja di bidang IT dan membuka Startup sendiri.

Masuk kampus Universitas BSI juga bisa melalui beasiswa. Bisa masuk jalur Beasiswa Talenta Digital atau pun Beasiswa KIP Kuliah.

Semoga gambaran prospek kerja di atas bisa membantu kamu untuk mengetahui prospek kerja dari jurusan Sistem Informasi.

Penulis: Rianz
Editor: Redaksi

Baca Juga