Kapolri Minta Irwasum Usut Bentrokan Antara FPI dan GMBI di Bandung

Kapolri Tito Karnavian

Jakarta, Akuratnews.com - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, mengatakan jika pihaknya telah memerintahkan kepada Inspektur Pengawasan Umum Polri ( Irwasum) untuk mengusut perseteruan antara Front Pembela Islam dengan Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia ( GMBI ) di Bandung, Jawa Barat, yang terjadi pekan lalu.

Tito juga menyampaikan bahwa agar Irwasum Polri untuk melihat masalah FPI dengan GMBI yang terjadi di Bandung secara Objektif, sehingga tidak melahirkan justifikasi siapa yang salah dan benar.

"Saya perintahkan turunkan tim kesana ,tapi jangan menilai tentang siapa yang salah dan benar,kita objektif dulu, " kata Tito kepada wartawan di Gedung Mapolda Metro Jaya, Rabu (18/01/17).

Dia berharap agar, kejadian tersebut tidak kembali terjadi, dan untuk pihak-pihak yang dipanggil sebagai saksi dan untuk dimintai keterangan sebaiknya tidak membawa massa.

"Kalau ada mobilisasi massa akan terbentuk psikologi massa tersebut berbeda dengan psikologi indvidu bersifat rasional, jadi kalau psikologi massa kadang-kadang irasional," ungkapnya.

Seperti diketahui,awal terjadinya antara massa FPI dengan GMBI di Jalan Soekarno Hatta, tidak jauh dari Mapolda Jabar beberapa waktu lalu.

Keributan terjadi saat kedua massa pro dan kontra mengawal pemeriksaan Imam Besar FPI terkait dugaan penodaan terhadap lambang negara. (Agus)

Penulis:

Baca Juga