oleh

Kasau Dukung Pembentukan Pusat Studi National Air Power

Jakarta, Akuratnews.com – Meningkatnya tantangan dunia penerbangan, telah direspon positif oleh masyarakat dengan mendirikan pusat studi dan kajian penerbangan khususnya, maupun air power pada umumnya.

Salah satunya adalah pusat studi National Air Power yang digagas oleh mantan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) periode 2002 – 2005 Marsekal TNI (Purn) Chappy Hakim.

Kesiapan pusat kajian penerbangan yang diprakarsai para tokoh penerbangan nasional, seperti Marsekal (Purn) Chappy Hakim, Prof. Dr. Supancana dan Prof. Dr. Makarim Wibisono ini, dilaporkan Marsekal (Purn) Chappy Hakim kepada Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E, M.M., di Mabesau Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (8/1/2019).

“Pusat studi National Air Power ini merupakan lembaga independen dengan fokus melakukan kajian yang terkait dengan penerbangan,” kata Marsekal (Purn) Chappy Hakim.

Menanggapi rencana tersebut, Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna menyatakan dukungannya. Menurut Kasau, pusat studi dan kajian penerbangan nasional sangat diperlukan di tengah makin meningkatnya berbagai isu penerbangan yang muncul di masyarakat.

Kasau berharap hasil kajian lembaga ini dapat memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan yang terjadi di dunia penerbangan, seperti navigasi udara, FIR (Flight Information Region), ADIZ (Air Defence Identification Zone) maupun air control.

“Kami berharap, kehadiran lembaga ini dapat menghasilkan sumbang saran dan pemikiran, terkait dengan kebijakan penerbangan nasional,” ujar Kasau.

Lembaga yang mulai beroperasi pada pertengahan Januari 2019 ini, akan mengawali kegiatannya dengan melaksanakan pertemuan para akademisi dan praktisi penerbangan bertempat di Perpustakaan Nasional Jakarta.

Lembaga ini nantinya akan menghasilkan kajian ilmiah dalam bentuk jurnal dari para akademisi dan praktisi penerbangan yang akan terbit setiap tiga bulan sekali. (Anc)

Loading...

Komentar

News Feed