Bacaan Sholawat Fatih Lengkap dan Kisah Dibaliknya

Makin Rajin

Sholawat fatih

Melantunkan sholawat adalah salah satu kebiasaan umat muslim sebagai bentuk cintanya kepada Nabi Muhammad. Sholawat seringkali menjadi wasilah untuk mendapatkan kemudahan dalam menghadapi persoalan yang terjadi. Dari berbagai jenis sholawat, ada salah satu yang terkenal yakni sholawat Fatih atau al-fath.

Sesuai namanya, sholawat al-fath memiliki banyak keistimewaan. Sholawat ini disebut sebagai sholawat pembuka arsy, di mana jika seseorang mengamalkannya, Insya Allah segala kesulitan akan mendapat kemudahan. Bagaimana bacaan sholawatnya, dan apa kisah yang terjadi dibaliknya? Baca sampai habis!

Sholawat Fatih, Sholawat Pembuka Arsy

Fatih atau al-fath adalah sebuah kata dalam bahasa Arab yang berarti pembuka. Dalam salah satu surah Al-Qur’an, kata ini disematkan pada nama surah paling pertama sebagai pembuka surah-surah lain dalam Al-Qur’an, yakni Al-Fatihah. 

Selain pada surah Al-Qur’an, nama al-fath atau Fatih juga ada pada bacaan sholawat Nabi. Sholawat ini yang menjadi pembuka pintu arsy jika seseorang mengamalkannya rutin. 

Karena kedahsyatan sholawat ini, banyak orang mengamalkannya dengan harapan segala kesulitan dan rintangan mendapat jalan terang dan kemudahan dari Allah. Umat muslim percaya, dengan mengamalkan sholawat ini secara rutin dan khusyuk, mereka tidak hanya mendapatkan syafaat Nabi namun juga pertolongan Allah.

KH Ushfuri Anshor, selaku pimpinan Pesantren Al-Ishlah Jatireja, Subang, Jawa Barat mengakui kedahsyatan sholawat ini. Dilansir dari jabar.nu.or.id, beliau mengatakan bahwa sholawat al-fath serupa kendaraan motor yang bisa melaju dengan cepat.

Sholawat ini termasuk bacaan amalan yang paling kuat dan larinya paling cepat. Sehingga siapapun yang mengamalkannya, maka Allah senantiasa akan mengabulkan segala permintaan dan doa. 

Baca Juga:  Macam-Macam Doa Bercermin, Arti, Adab Beserta Hikmahnya

Hebatnya, karena beliau mengibaratkannya sebagai kendaraan,  maka kendaraan sholawat ini sama sekali tidak bisa tersalip oleh kendaraan lain. Meskipun kendaraan lainnya memiliki kecepatan yang sangat cepat.

Dari sinilah alasan mengapa KH Ushfuri Anshor menganjurkan kepada para santri dan jamaahnya untuk mengamalkan sholawat al-fath. Keistimewaan sudah tidak lagi diragukan, dan bisa mendapatkan syafaat Nabi.

Bagaimana Bacaan Sholawat Fatih?

Berikut bacaan sholawat al-fath yang mampu membuka pintu-pintu arsy:

اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ الفَاتِحِ لِمَا أُغْلِقَ وَالخَاتِمِ لِمَا سَبَقَ وَالنَّاصِرِ الحَقَّ بِالحَقِّ وَالهَادِي إِلَى صِرَاطٍ مُسْتَقِيْمٍ. صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ حَقَّ قَدْرِهِ وَمِقْدَارِهِ العَظِيْمِ

Allāhumma shalli wa sallim wa bārik ‘alā sayyidinā Muhammadinil Fātihi limā ughliqa, wal khātimi limā sabaqa, wan nāshiril haqqā bil haqqi, wal hādī ilā shirātin mustaqīm. Shallallāhu ‘alayhi, wa ‘alā ālihī, wa ashhābihī haqqa qadrihī wa miqdārihil ‘azhīm.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah sholawat, salam, dan berkah kepada Sayyidina Muhammad, pembuka hal-hal yang terkunci, penutup perkara-perkara yang sudah berlalu, penolong kebenaran dengan kebenaran, dan penunjuk jalan kepada jalan-Mu yang lurus. Semoga Allah senantiasa melimpahkan sholawat kepadanya juga kepada keluarga dan para sahabatnya sesuai dengan derajat dan kedudukannya yang tinggi”.

Kisah Menarik Dibalik Sang Pencipta Sholawat Fatih

Sanad bacaan sholawat ini langsung terhubung dengan Nabi Muhammad, bahkan pencipta sholawat al-fath mendapatkan langsung dari Nabi.

Sayyid Muhammad Al-Bakri adalah sang pencipta sholawat ini. Beliau merupakan seorang ulama keturunan Abu Bakar Ash-Shidiq yang ditalqin (tuntun) langsung oleh Nabi untuk membaca sholawat Fatih dalam keadaan tidak tidur, alias melek.

Nah, karena Sayyid Muhammad Al-Bakri mendapatkan langsung dari Nabi dan keadaannya masih tersadar inilah membuat sholawat ini sanadnya tersambung pada Nabi. Sehingga kualitas bacaan sholawatnya juga sangat tidak kita ragukan.

Ada kisah lainnya yang membuat sholawat ini istimewa, yakni kisah Abu Bakar yang didoakan oleh Nabi bahwa  ia akan mati syahid dan keturunannya akan menjadi syuhada. Salah satu keturunannya tersebut adalah Sayyid Muhammad Al-Bakri.

Baca Juga:  Doa Qunut Shalat Sendirian/Berjamaah Lengkap Latin Arab Dan Artinya

Pada saat itu, Abu Bakar menemani Rasulullah bersembunyi di Gua Tsur ketika kaum kafir Quraisy mengejar Nabi. Saat berada dalam Gua Tsur, Abu Bakar melindungi Nabi dari gangguan hewan-hewan berbahaya.

Beliau menutup lubang-lubang kecil dalam gua menggunakan pakaiannya agar hewan-hewan tersebut tidak masuk. Namun, ada satu lubang yang belum tertutup padahal biasanya dalam lubang tersebut ada hewan berbahaya.

Abu Bakar memutuskan menutup lubang itu menggunakan jempolnya. Naasnya, apa yang Abu Bakar pikirkan benar. Lubang tersebut dihuni oleh ular (riwayat lain menyebutkan itu kalajengking), sehingga jari Abu Bakar terkena gigitan hewan berbisa itu.

Abu Bakar sangat kesakitan hingga badannya gemetar dan keringatnya bercucuran. Beliau menahan sakitnya supaya Nabi yang sedang tidur tidak terganggu. Setelah Nabi bangun dan melihat apa yang Abu Bakar alami, Nabi segera membacakan Al-Fatihah dan mendoakan Abu Bakar sehingga gigitan tersebut sembuh seketika.

Keutamaan Membaca Sholawat Al-Fath

Kisah tersebut menjadi bukti bahwa sholawat Fatih benar-benar istimewa. Tidak hanya bacaannya yang tersambung langsung pada Nabi, tetapi penciptanya adalah keturunan Abu Bakar Ash-Shidiq yang tidak lepas dari doa Nabi untuk Abu Bakar tersebut.

Adapun keutamaan dari sholawat ini tercantum juga dalam kitab Perukunan Melayu. Dalam kitab tersebut ada kutipan Syekh Al-Arif Al-Kubra yang mengatakan siapapun yang mengamalkan sholawat ini seumur hidupnya, maka Allah akan memeliharanya dari api neraka dan mendapatkan husnul khatimah.

Selain itu, ada banyak keutamaan lainnya jika mengamalkan sholawat ini, yakni:

1. Mendapatkan Syafaat Nabi

Sholawat adalah salah satu amalan yang sangat dianjurkan, karena sejatinya Allah dan malaikat juga bersholawat kepada Nabi. Sholawat bisa mendatangkan syafaat dari Nabi Muhammad.

Baca Juga:  Doa Nabi Yusuf: Arti, Cara Mengamalkan, Keutamaan, dan Manfaatnya

Syafaat ini adalah pertolongan dari Nabi yang berguna saat hari kiamat kelak. Oleh karena itulah, sholawat tidak hanya sebagai bentuk kecintaan kepada Nabi namun juga memberikan manfaat bagi hidup.

2. Menghilangkan Segala Kesulitan

Seperti penjelasan sebelumnya, sholawat ini punya kekuatan yang bisa membuka pintu arsy. Sehingga ketika mengalami kesulitan lalu berdoa dan membaca sholawat Fatih, maka segala kesulitan tersebut akan Allah beri jalan. Sesulit apapun masalahnya.

3. Memudahkan Segala Urusan

Mengamalkan sholawat ini membuat siapapun akan Allah beri kemudahan dalam menyelesaikan urusan masing-masing.

Seperti yang  KH Ushfuri Anshor sampaikan, bahwa sholawat ini bak kendaraan yang melaju dengan sangat cepat melebihi kendaraan lain. Tidak ada kendaraan satu pun yang mampu menandingi kecepatan kendaraan sholawat al-fath.

Artinya, doa-doa akan lebih cepat terkabul dan segala hajat akan tercapai. Karena itulah umat muslim harus mengamalkannya supaya segala urusan dunia maupun akhirat mendapatkan kemudahan.

4. Dosa-Dosa Diampuni

Mengamalkan sholawat apapun kepada Nabi, khususnya sholawat al-fath, bisa membuat Allah mengampuni dosa-dosa kita. Sebanyak apapun dosanya, Allah akan mengampuninya asalkan bertobat dengan sungguh-sungguh disertai rutin membaca sholawat kepada Nabi setiap harinya.

5. Menghilangkan Keresahan

Setiap manusia ketika memiliki masalah dan menghadapi kesulitan seringkali membuat hati resah dan tidak tenang. Oleh karenanya, membaca sholawat al-fath adalah salah satu solusi supaya hati tidak resah, dan pikiran tetap tenang.

Mau Mengamalkan Sholawat Fatih Setiap Harinya?

Sholawat Fatih adalah salah satu bacaan sholawat yang memiliki keistimewaan luar biasa. Selain bisa mendatangkan syafaat, sholawat ini juga bisa memberikan jalan kemudahan bagi siapapun yang mengalami kesulitan dan kesusahan.

Bacalah sholawat ini setelah salat fardhu secara rutin sebanyak 100 kali. Semoga dengan mengamalkan sholawat ini dan menjadikannya sebagai wasilah, siapapun yang membacanya mendapatkan rahmat dan pertolongan dari Allah atas segala kesulitan dan kesusahan yang terjadi.

Baca artikel Akuratnews.com lainnya di Google News.

Disclaimer

Artikel terkait aplikasi versi modifikasi atau MOD APK yang dibagikan Tim Akuratnews.com hanya bersifat reviews saja yang bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan para pembaca. Kami tidak menyarankan anda untuk mendowload file yang bersifat ilegal. Kami juga tidak bertanggung jawab atas segala risiko dan bahaya yang bisa terjadi pada perangkatmu. Penggunaan aplikasi versi modifikasi atau MOD APK bisa merugikan pengembang dari segi materi dan sebagainya.

Artikel Terkait