Kemenkominfo dan DPR RI Gelar Seminar Litersi Digital Angkat Thema “Personal Branding di Sosial Media”

AKURATNEWS.COM- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo) bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) telah menyelenggarakan seminar online yakni Literasi Digital dengan mengusung tema: “Personal Branding di Sosial Media”, yang diselenggarakan pada hari Kamis, 4 Agustus 2022 melalui platform zoom meeting.

Dalam seminar ini, menghadirkan  empat narasumber yang berkompeten pada bidangnya, yaitu Fadhlullah, S.E yang saat ini menjabat sebagai Anggota Komisi I DPR RI. Narasumber kedua yakni Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc menjabat sebagai Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo RI, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M Eng, IP., ASEAN Eng selaku Dosen di Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala serta mengundang  Karra Syam selaku Presenter Televisi.

Seminar Literasi Digital ini merupakan inisiasi yang di dukung oleh Kementerian Kominfo terhadap Program Literasi Digital yang melibatkan berbagai elemen masyarakat, dengan memiliki beberapa tujuan, diantaranya yakni untuk mendorong masyarakat agar mengoptimalkan pemanfaatan internet sebagai sarana edukasi dan bisnis.

Selain itu juga untuk memberdayakan masyarakat agar dapat memilah dan memilih informasi yang dibutuhkan dan bermanfaat, memberikan informasi yang lengkap kepada masyarakat terkait pembangunan Infrastruktur TIK yang dilakukan oleh Pemerintah khususnya oleh Ditjen APTIKA, serta mewujudkan jaringan informasi serta media komunikasi dua arah antara masyarakat dengan masyarakat maupun dengan pihak lainnya. Seminar ini terdiri dari beberapa sesi, yaitu sesi pembukaan, pemaparan materi, sesi tanya jawab, dan sesi penutup.

Sesi pemaparan diawali oleh pengantar dari Fadhlullah, S.E, dalam paparannya beliau menyampaikan bahwa, "Pemerintah saat ini sedang berusaha menjangkau sinyal diseluruh pelosok yang ada di Indonesia, terkhususnya pada daerah yang berada di 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar). Beliau juga menyampaikan terima kasih kepada para narasumber karena bersedia untuk meluangkan waktunya untuk mengisi webinar pada pagi hari ini. Beliau juga turut memberikan pesan kepada para peserta, jikalau ada beberapa hal yang perlu ditanyakan dapat melakukan diskusi dengan para narasumber yang sudah ahli dibidangnya masing-masing," kata Fadlullah di Jakarta pada Kamis 4 Agustus 2022.

Acara dilanjutkan dengan sambutan  dari Semuel Abrijani Pangerapan, B.Sc. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa, "Sebagaimana yang telah diketahui bersama, dampak pandemi dan pesatnya teknologi telah mengubah cara kita beraktivitas dan bekerja. Kehadiran teknologi sebagai bagian dari kehidupan masyarakat inilah yang semakin mempertegaskan kita sedang menghadapi era disubsi teknologi," kata Samuel.

Lebih lanjut Samuel Abrijadi menambahkan, "Untuk mengahadapi hal tersebut, kita semua harus mempercepat kerjasama kita dalam mewujudkan agenda trasnformasi digital Indonesia. Bersama-sama wujudkan cita-cita bangsa Indonesia dengan menjadikan masyarakat madani berbasis teknologi. Kemampuan yang kita miliki serta keunggulan yang terus dijaga akan membawa bangsa Indonesia menjadi bangsa yang hebat dan besar, serta menjadi unggul dalam segi sumber daya manusia," tambahnya.

Pemateri selanjutnya adalan  Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M Eng, IP., ASEAN Eng, dalam paparannya beliau menjelaskan bahwa Personal Branding adalah cara untuk mengenalkan diri di media sosial dengan orang-orang yang belum pernah kita jumpai.

"Personal branding setiap orang akan berbeda-beda, sehingga janganlah menirukan gaya orang lain karena hal tersebut tidak menggambarkan keaslian dari diri kita sendiri. Di media sosial kita dapat melakukan apa saja, tetapi yang paling penting konten yang kita buat harus berbeda dan jangan sama dengan konten orang lain karena orang akan bosan dan tidak akan di notice oleh pengguna lain. Dalam membuat personal branding jangan sesekali merusak citra diri dengan melakukan hal-hal yang merugikan orang lain seperti menghujat dan lain-lain. Dan yang paling penting ceritakanlah hal-hal yang pernah anda lakukan tanpa ada unsur kebohongan" papar Samsurizal.

Tampil sebagai pemapar terakhir  Karra Syam memaparkan bahwa, "Personal branding adalah strategi untuk membentuk citra diri sendiri sehingga masyarakat atau orang lain dapat menilainya dari prestasi dan pencapaian yang dimiliki. pada dasarnya siapapun membutuhkan branding, baik itu pengusaha, peneliti, programmer, penulis, influencer, bahkan mahasiswa sekalipun. Tujuan personal branding adalah memikat serta meningkatkan kepercayaan orang lain terhadap diri individu tersebut. Ada beberapa cara untuk membangun personal branding antara lain cari tau siapa anda, tentukan tujuan yang jelas, jaga konsistensi, buat konten yang sesuai dengan style anda, serta perluas relasi," papar Karra Syam.

Setelah paparan materi dari keempat narasumber, moderator membuka sesi tanya jawab. Para peserta sangat antusias dalam memberikan pertanyaan. Sesi diskusi berjalan interaktif antara narasumber dan peserta. Para peserta yang bertanya juga mendapat doorprizes. Setelah selesai sesi diskusi, moderator mengembalikan acara kepada MC. MC memberikan plakat kepada para narasumber secara online sebagai simbolis ucapan terima kasih. Dengan adanya acara ini diharapkan masyarakat dapat memahami fungsi dan tujuan dari personal branding sebagai dukungan kepada pemerintah mewujudkan transformasi digital Indonesia.

Penulis: Irish
Editor: Redaksi

Baca Juga