Arus Mudik Idul Fitri 2019

Kendaraan Pemudik Menuju Pelabuhan Merak Mulai Padat

Jakarta, Akuratnews.com - Kendaraan pemudik menuju Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten pada Jumat(31/5) pukul 21.19 WIB mulai memadati ruas Tol Tangerang-Merak.

Antrean terpantau di Gerbang Tol Merak. Meski demikian, aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Merak terpantau masih normal.

Peningkatan volume kendaraan pada H-5 bakal terus bertambah seiring banyak pemudik yang sudah libur kerja dan memasuki libur anak sekolah.

"Memang ramai, tapi tampaknya bukan puncak arus mudik," ujar petugas PT Marga Mandalasakti Rahmatulloh selaku operator tol.

Rahmatulloh memperkirakan, puncak arus mudik akan terjadi pada H-4 lebaran atau Sabtu (1/6/2019) dini hari. Diperkirakan, jumlah kendaraan akan mencapai 22.000 unit.

"Perkiraan kami, puncaknya terjadi di H-4 nanti. Itu sampai 22.000 kendaraan," tuturnya.

Sementara itu, memasuki lima hari menjelang Hari Raya Idul Fitri antrean kendaraan pemudik di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten terpantau masih ramai lancar. Bahkan, arus lalu lintas dari Gerbang Tol Merak menuju gerbang Pelabuhan Merak lancar.

Berdasarkan pantauan pada Jumat (31/5/2019) pukul 20.55 WIB, area parkiran dermaga terlihat lengang tidak terjadi kepadatan kendaraan pemudik roda dua dan roda empat. Begitu juga jalur untuk pejalan kaki yang akan menuju kapal terpantau lengang.

Salah satu pemudik pejalan kaki Rina (30) yang mudik dari Jakarta menggunakan angkutan umum bus mengungkapkan lalu lintas di Tol Tangerang-Merak lancar tidak ada kepadatan dan kemacetan di gerbang Tol Merak.

"Mungkin pabrik pun baru libur sore tadi makanya belum pada berangkat, biasanya pulang tengah malam," katanya kepada wartawan.

Untuk diketahui, ASDP Indonesia Ferry mencatat sebanyak 52.128 pemudik telah menyebrang dari Pelabuhan Merak, Banten ke Pelabuhan Bakauhuni, Lampung pada 31 Mei 2019.

Kemudian kendaraan roda dua yang menyeberang berjumlah 2.751 unit, sedangkan total kendaraan roda empat sebanyak 5.632 unit, bus 426 unit, dan tuck 420 unit.

Penulis: Fajar

Baca Juga